Outfit instagramable sebagai gaya hidup mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tara, Gabrita Revinda (2023) Outfit instagramable sebagai gaya hidup mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gabrita Revinda TaraI73219048_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini mengkaji sebuah fenomena mengenai Outfit Instagramable Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, karena sekarang banyak mahasiswa mengikuti trend outfit yang sedang booming-boomingnya saat ini. Dalam proses menggali data dan menyusun penelitian, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan subjek penelitian yaitu Mahasiswa dan Mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya pengguna outfit instagramable berdasarkan rumpun keilmuan mahasiswa-mahasiswi seperti pendidikan, agama, sosial, ekonomi dan lainnya. Penelitian ini menggunakan teori masyarakat konsumsi dan hiperrealitas yang dikemukakan oleh Jean Baudrillard yang digunakan untuk menganalisis atau melihat fenomena gaya hidup mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Untuk mengecek keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya memaknai outfit mamba, bumi, dan kue. Berbagai makna outfit tersebut menjadikan dirinya tampil percaya diri. Penggunaan trend outfit tersebut dijadikan sebagai identitas seseorang, presentasi diri dalam kehidupan virtual. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor lingkungan sosial, media sosial serta dorongan keinginan dan kebutuhan seseorang. Pada fenomena tersebut menunjukkan gaya hidup mahasiswa dipengaruhi oleh adanya trend outfit instagramable.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tara, Gabrita Revindagabritarevinda@gmail.comI73219048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Subjects: Media Sosial
Sosiologi
Keywords: Outfit Instagramable; Gaya Hidup; Mahasiswa
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Gabrita Revinda Tara
Date Deposited: 03 May 2023 02:15
Last Modified: 03 May 2023 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61823

Actions (login required)

View Item View Item