فعالية تطبيق وسيلة Mind Map من خلال تطبيق Mindomo لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الفصل الثاني عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ١لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pangastuti, Nisa' Setyaning Budi (2023) فعالية تطبيق وسيلة Mind Map من خلال تطبيق Mindomo لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الفصل الثاني عشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ١لامونجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisa' Setyaning Budi Pangastuti_D72219042_OK.pdf

Download (935kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Penerapan Media Mind Map dengan Menggunakan Aplikasi Mindomo untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas XII di MAN 1 Lamongan. Adapun yang melatarbelakangi peneliti mengangkat tema ini adalah rendahnya keterampilan berbahasa Arab khususnya keterampilan menulis siswa di MAN 1 Lamongan, untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti menerapkan media Mind Map dengan menggunakan aplikasi Mindomo untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui keterampilan menulis siswa kelas XII di MAN 1 Lamongan sebelum menerapkan media Mind Map dengan menggunakan aplikasi Mindomo. 2) untuk mengetahui penerapan media Mind Map dengan menggunakan aplikasi Mindomo untuk meningkatkan keterampilan membaca menulis siswa kelas XII di MAN 1 Lamongan. 3) untuk mengetahui efektivitas penerapan media Mind Map dengan menggunakan aplikasi Mindomo untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XII di MAN 1 Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Metode analisis data mengunakan rumus T-Test. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa. Adapun hasil penelitian ini thitung (t0) > ttabel (tt) 2,367 <6,2> 1,701, maka hipotesis morfologi (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan jika keterampilan menulis siswa kelas XII di MAN 1 Lamongan sebelum menerapkan media Mind Map dengan menggunakan aplikasi Mindomo rendah. terdapat keefektifan dalam penerapan media Mind Map dengan menggunakan aplikasi Mindomo untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XII di MAN 1 Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pangastuti, Nisa' Setyaning Budisbpnisa@gmail.comD72219042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, M. Yunus Abuelyunusy@uinsby.ac.id2015036501
Thesis advisorJannah, Ida Miftakhulidamj@uinsby.ac.id2006088002
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Keywords: Efektivitas Penerapan; Media Mind Map; Aplikasi Mindomo; Keterampilan Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nisa' Setyaning Budi Pangastuti
Date Deposited: 03 May 2023 02:28
Last Modified: 03 May 2023 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61826

Actions (login required)

View Item View Item