Bimbingan keluarga untuk pengembangan sosial emosional anak usia remaja awal: studi analisis film keluarga cemara (2019)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Nur Rohmah (2023) Bimbingan keluarga untuk pengembangan sosial emosional anak usia remaja awal: studi analisis film keluarga cemara (2019). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rohmah Wahyuni_B93219140_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di zaman sekarang banyak sekali media yang disajikan sebagai wadah kita untuk mengetahui serta mengakses berbagai informasi dari berbagai belahan dunia. Salah satunya yaitu melalui film. Film yang ada di Indonesia tidak hanya film horror saja, tetapi film Indonesia juga membahas tentang pengembangan baik itu dari segi sosial maupun emosional yang dialami oleh anak pada usia remaja, seperti pada film “Keluarga Cemara (2019)”. Dalam Film “Keluarga Cemara (2019)”, memperlihatkan pengembangan sosial emosional yang terjadi pada anak yang berada di fase remaja awal. Seperti adaptasi di lingkungan baru, pencarian jati diri, konflik dengan keluarga dan teman hingga emosi yang tidak stabil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, karena data yang didapatkan adalah data deskriptif, yang tidak bisa diwakili dengan angka statistik, agar dapat dideskripsikan dengan baik dan secara rinci sesuai dengan fakta yang ada dalam film “Keluarga Cemara (2019)” Hasil penelitian menunjukkan Masalah sosial emosional yang dialami oleh anak usia remaja awal pada film keluarga cemara (2019) diantaranya yaitu masalah adaptasi dengan lingkungan baru, pencarian jati diri, konflik dengan teman dan orang tua, serta masalah emosi yang tidak stabil. Bimbingan keluarga untuk pengembangan sosial emosional pada anak usia remaja awal dapat melalui memberikan pemahaman pada anak, mendampingi perkembangan anak, membantu penyesuaian diri, saling menguatkan antar anggota keluarga, dan menanamkan kebahagiaan terhadap anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Nur Rohmahnurrohmahwahyuni@gmail.comB93219140
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofiq, Arif Ainurarifainurrofiq@uinsby.ac.id2008087706
Subjects: Bimbingan Konseling
Film
Keywords: Film Keluarga cemara; Sosial Emosional,Bimbingan Keluarga.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nur Rohmah Wahyuni
Date Deposited: 12 May 2023 15:36
Last Modified: 12 May 2023 15:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61830

Actions (login required)

View Item View Item