Pesan dakwah lirik lagu “Syukur “Alhamdulillah” Band Ungu: analisis wacana Teun A. Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Heriansyah, Muhammad Alfa Rizky (2023) Pesan dakwah lirik lagu “Syukur “Alhamdulillah” Band Ungu: analisis wacana Teun A. Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Alfa Rizky Heriansyah_B01219033.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pesan dakwah yang terdapat dalam lirik lagu “ Syukur (Alhamdulillah) Band Ungu. Masalah yang difokuskan dalam penelitian untuk adalah pesan dawkah yang ada dalam lagu Syukur (Alhamdulillah) Band Ungu, yakni apa pesan akhlak yang terdapat dalam lirik lagu Syukur (Alhamdulillah) Band Ungu ?, apa saja pesan syari’ah yang terdapat dalam lirik lagu Syukur (Alhamdulillah) Band Ungu?, apa saja yang terdapat lirik lagu Syukur (Alhamdulillah ) Band Ungu ? apa saja pesan yang terdapat lirik lagu Syukur (Alhamdulillah) Band Ungu?.Metode ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis teks media isi kualitatif deskriptif. Menggunakan jenis pendekatan konten analisis yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa MP3 dari band Ungu, lalu diobservasi secara mendalam oleh peneliti untuk mendapatkan hasil yang akurat. Teknik analisis dari dalam penelitian ini menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk.Kesimpulan dari peneliti, bahwa lagu Syukur (Alhamdulillah) Band Ungu mengandung 3 unsur pesan dakwah akhlak, syari’ah, dan aqidah, pesan akhlak adalah jika kita mendapatkan masukan atau nasehat dari semua orang harus bisa menerima dengan lapang dada karena itu termasuk akhlaq yang baik yang dimana seharusnya dilakukan oleh semua umat muslim. Pesan syari’ah adalah mengajak untuk agar selalu menyadari atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Pesan aqidah mengajak untuk selalu yakin kepada apa yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Heriansyah, Muhammad Alfa Rizkyalfarizky780@gmail.comB01219033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, Anisanis_bachtiar@yahoo.com2019126902
Subjects: Motivasi Belajar
Media Sosial
Keywords: Pesan Dawkah; Lirik lagu; dan Band Ungu; Syukur Alhamdulillah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: alfa rizky heriansyah
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:30
Last Modified: 10 Jul 2023 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61838

Actions (login required)

View Item View Item