تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة الأحرف الهجائية لدي طلاب الفصل الثاني من شعبة اللغة العربية وأدبها بجامعة سونان أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jauharoh, Titin (2023) تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة الأحرف الهجائية لدي طلاب الفصل الثاني من شعبة اللغة العربية وأدبها بجامعة سونان أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Titin Jauharoh_A91219118_OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

JPembelajaran bahasa asing seringkali tidak luput dari kesalahan tulisan meskipun skill bahasa salah satunya berbentuk tulisan. Penelitian ini meneliti bentuk-bentuk dan sebab-sebab kesalahan penulisan huruf hijaiyah mahasiswa semester dua Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Dengan memakai metode deskripstif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk dan sebab-sebab kesalahan penulisan huruf hijaiyyah mahasiswa semester dua Progam Studi Bahasa dan Sastra Arab Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, dengan harapan penelitian ini dapat mengurangi masalah dalam kesalahan imla’ dan supaya mahasiswa terbiasa menulis bahasa Arab dengan baik dan benar. Hasil dari penelitian menunujukkan bahwa terdapat 70 kesalahan yang terjadi di dalam penulisan bahasa Arab. Terdapat bentuk-bentuk kesalahan tersebut yaitu: 17 kesalahan berdasarkan kesalahan huruf, 28 kesalahan dalam menggunakan hamzah qatha’(أ), 13 kesalahan pembuangan nabrah (ﺼ), 9 kesalahan penambahan nabrah(ﺻ) dan 3 kesalahan dalam membuang alif (ا). Adapun sebab-sebab kesalahan penulisan bahasa Arab: terdapat 50 kesalahan dalam penerapan aturan yang tidak sempurna /kurang praktek dan 20 kesalahan dalam menganggap sama semua kaidah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jauharoh, Titinjauharohtitin@gmail.comA91219118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamal--2006067901
Thesis advisorAlindah, Lutfiyaha_lindah@yahoo.com--
Subjects: Bahasa Arab
Linguistik
Tulisan Tangan
Keywords: Analisis Kesalahan; Huruf Hijaiyyah; Penulisan; Mahasiswa.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Titin Titin Jauharoh
Date Deposited: 05 May 2023 01:58
Last Modified: 05 May 2023 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61936

Actions (login required)

View Item View Item