تحليل الخطاب النقدي في النص المسرحي " صلاح الدين الأيوبي" لنجيب الحداد على نموذج تيون أ. فان ديجك(Teun A. Van Dijk)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriana, Yohana (2023) تحليل الخطاب النقدي في النص المسرحي " صلاح الدين الأيوبي" لنجيب الحداد على نموذج تيون أ. فان ديجك(Teun A. Van Dijk). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yohana Fitriana_A91219121.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis wacana kritis dalam naskah drama Sholahuddin Al-Ayyubi. Drama ini menyuguhkan tentang sejarah kepahlawanan Sholahuddin Al-Ayyubi yang berlatarkan peristiwa Perang Salib. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam sejarah Sholahuddin Al-Ayyubi melalui 3 dimensi yaitu struktur makro, supersturktur dan struktur mikro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana model Teun A. Van Dijk yang bertujuan untuk mendeskripsikan struktur teks yang terkandung dalam naskah drama Sholahuddin Al-Ayyubi karya Najib Al-Haddad. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa drama ini Sholahuddin Al-Ayyubi terbagi menjadi 3 struktur yaitu struktur makro, superstruktur dan struktur mikro. Pada struktur makro secara keseluruhan meliputi tema yang terkandung dalam naskah drama Sholahuddin Al-Ayyubi karya Najib Al-Haddad. Adapun pada superstruktur, skema pada keseluruhan teks memiliki skema yang sistematis yakni diawali dengan pendahuluan, isi dan penutup. Pada struktur mikro, terbagi menjadi 4 bagian yaitu semantik, sintaksis, stilistika dan retoris. Pada bagian semantik terdiri dari latar dan detail. Pada bagian sintaksis terdiri dari koherensi, bentuk kalimat dan kata ganti. Pada bagian stilistika terdiri dari gaya bahasa. Pada bagian retoris terdiri dari metafora saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriana, Yohanayohanafitriana9@gmail.comA91219121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamal--2006067901
Thesis advisorAlindah, Lutfiyaha_lindah@yahoo.com--
Subjects: Sejarah
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Analisis Wacana Kritis; Naskah Drama; Struktur; Teun A. Van Dijk.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Yohana Fitriana
Date Deposited: 05 May 2023 17:06
Last Modified: 05 May 2023 17:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61976

Actions (login required)

View Item View Item