فعالية تطبيق طريقة “Oral Reading Fluency (ORF)” بوسيلة “Snack Video” لترقية مهارة القراءة والكتابة لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tiasaji, Diana Putri (2023) فعالية تطبيق طريقة “Oral Reading Fluency (ORF)” بوسيلة “Snack Video” لترقية مهارة القراءة والكتابة لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diana Putri Tiasaji_D02219008_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dipilihnya MTsN 3 Kota Surabaya sebagai tempat penelitian, karena peneliti menemukan permasalahan pada siswa kelas 8 yaitu: siswa gagap saat membaca bahasa arab, dan banyak siswa kelas 8 yang tidak terlatih menulis bahasa arab dengan baik dan benar. Peneliti mengetahui melalui pengamatan terhadap proses pembelajaran bahasa Arab, selain itu tidak semua siswa kelas 8 di MTsN 3 Kota Surabaya adalah siswa lulusan MI atau mengambil les khusus bahasa Arab. Yang membedakan MTsN 3 Kota Surabaya dari sekolah lainnya adalah siswa dibebaskan membawa gadget untuk keperluan belajar. Penelitian ini membahasa tentang Efektivitas Penerapan Metode Oral Reading Fluency (ORF) Dengan Media Snack Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas 8 MTsN 3 Kota Surabaya. Adapun rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana keterampilan membaca dan menulis pada siswa kelas 8 MTsN 3 Kota Surabaya?. 2. Bagaimana penerapan metode oral reading fluency dengan media snack video untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis pada siswa kelas 8 MTsN 3 Kota Surabaya?. 3. Bagaimana efektivitas penerapan metode oral reading fluency dengan media snack video untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis pada siswa kelas 8 MTsN 3 Kota Surabaya?. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Sampel pada penelitian ini berjumlah 32 siswa dari kelas 8F. Hasil penelitian ini 1. Keterampilan membaca dan menulis pada siswa kelas 8 MTsN 3 Kota Surabaya kurang. 2. Penerapan Metode Oral Reading Fluency (ORF) Dengan Media Snack Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas 8 MTsN 3 Kota Surabaya terlaksana dengan baik 93%. 3. Uji-t penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Metode Oral Reading Fluency (ORF) Dengan Media Snack Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas 8 MTsN 3 Kota Surabaya efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tiasaji, Diana Putridianatiasaji12@gmail.comD02219008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, M Yunuselyunusy@gmail.com; elyunusy@uinsby.ac.id2015036501
Thesis advisorNu'man, Mohammadnuman_umar@yahoo.com2022026901
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Efektivitas Penerapan; Oral Reading Fluency; Snack Video; Keterampilan Membaca Dan Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Diana Putri Tiasaji
Date Deposited: 06 May 2023 01:28
Last Modified: 06 May 2023 01:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61981

Actions (login required)

View Item View Item