Citra Islam moderat dalam website NU.or.id dan Muhammadiah.or.id

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Trifita, Amjad (2023) Citra Islam moderat dalam website NU.or.id dan Muhammadiah.or.id. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amjad Trifita_02040721002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini terinspirasi dari adanya kontestasi wacana Islam moderat yang terjadi di berbagai media pemberitaan. Alhasil, penulis memilih dua media sebagai subjek dalam penelitian ini, yakni pada situs berita resmi milik NU dan Muhammadiyah. Meskipun sama-sama mengusung konsep moderasi Islam , NU dan Muhammadiyah tentunya memiliki ciri khas terkait konsep yang ditawarkan. Dari kedua website ini, peneliti melihat bahwa media pemberitaan milik NU dan Muhamadiyah sama-sama ingin menegaskan kepada publik bahwa keduanya berhaluan Islam moderat. Merujuk pada artikel yang ditulis oleh kedua media ini, dapat dilihat bahwa pengakuan Islam moderat yang mereka gambarkan melalui media secara umum memiliki ide yang sama. Akan tetapi jika melihat secara lebih detail akan terlihat perbedaan dan ciri khas yang berusaha ingin disampaikan kepada publik. Lebih rinci, terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini yakni pertama, Bagaimana Islam moderat di citrakan oleh website Nu.or.id dan Muhammadiyah.or.id. kedua, bagaimana makna citra Islam moderat dalam website Nu.or.id dan Muhammadiyah.or.id. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan Analisis Wacana Kritis (AWK) milik Norman Fairclough. Sedangkan teori yang digunakan sebagai perspektif untuk membahas hasil penelitian yakni teori logika desain pesan Barbara o’keefe. Terdapat dua poin temuan dalam penelitian ini. Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan dalam pemberitaan terkait Islam moderat yang berusaha dicitrakan oleh media pemberitaan milik NU dan Muhammadiya. Islam moderat yang berusaha dicitrakan dalam media NU ditampilkan dengan mengusung slogan ‘menduniakan Islam Moderat’. Melalui media, NU ingin memperkenalkan Islam moderat kepada masyarakat Internasional dan menjadikan Islam moderat versi NU sebgai rujukan cara berIslam yang baik bagi seluruh masyarakat muslim di dunia. Sedangkan dalam media Muhammadiyah, Islam moderat berusaha dicitrakan dalam media Muhammadiyah ditampilkan dengan keberhasilan Muhammadiyah dalam menjalankan praktik moderasi di 7 bidang yaitu, ekonomi, pendidikan, moral, sosial, dakwah, kebangsaan, dan gender Kedua, proses wacana dalam mencitrakan Islam moderat dilakukan dengan pendekatan analisis wacana kritis Norman Fairclough, dengan menganalisis dari segi teks, praksis sosial, dan dimensi praksis sosial budaya. Melalui ketiga dimensi ini, akan terlihat perbedaan dalam memaknai Islam Moderat, serta apa yang melatarbelakangi perbedaan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Trifita, Amjadtrifita04@gmail.com02040721002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Moch.Choirulchoirul.arief@uinsby.ac.id2017107102
Thesis advisorZuhriah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Islam
Muhammadiyah
Nahdlatul Ulama
Keywords: Citra; Islam moderat; NU; Muhammadiyah
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Amjad Trifita
Date Deposited: 10 May 2023 06:49
Last Modified: 10 May 2023 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62018

Actions (login required)

View Item View Item