Nilai-nilai sufistik ajaran laku Pancawisaya Tokoh Wayang Semar dalam teori tasawuf perspektif Imam Al Ghazali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ichsan, Muhammad Fahmi (2023) Nilai-nilai sufistik ajaran laku Pancawisaya Tokoh Wayang Semar dalam teori tasawuf perspektif Imam Al Ghazali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fahmi Ichsan_E97219081 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Nilai-Nilai Sufistik Ajaran Laku Pancawisaya Tokoh Wayang Semar dalam Teori Tasawuf Perspektif Imam Al-Ghazali” merupakan penelitian library research yang digunakan untuk menjawab problem akademik sebagai berikut: Pertama, bagaimana nilai-nilai tasawuf menurut imam Al-Ghazali yang terkandung dalam ajaran Laku Pancawisaya. Kedua, bagaimana titik temu ajaran tasawuf imam Al-Ghazali dengan ajaran Laku Pancawisaya tokoh wayang Semar. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif analisis dan komparatif, yakni dengan cara mendeskripsikan uraian data dan membandingkan pendapat satu dengan pendapat yang lainnya. Ajaran Laku Pancawisaya merupakan ajaran yang berisi refleksi dari hikmah hidup yang diajarkan oleh Semar kepada Arjuna setelah kematian ayahandanya, almarhum Prabu Pandu Dewanata. Ajaran Laku Pancawisaya mengandung nilai-nilai tasawuf akhlaqi yang terkandung didalamnya, dan muara akhir dari ajaran tersebut adalah kebahagiaan yang haqiqi. Menelaah kebahagiaan menurut imam Al-Ghazali adalah jika seorang hamba bisa mencapai puncak dari makrifat (mahabbah) kepada Allah SWT. Untuk mencapai hal tersebut adalah dengan melalui maqam-maqam. Ajaran Laku Pancawisaya rogarda, sangsararda, wirangbarda, cuwarda, dan gugarda memiliki kesamaan sifat dengan maqam dalam tasawuf imam Al-Ghazali seperti Khalwat, Zuhud, Sabar, Ridha dan ikhlas, semua itu tujuan atau titik akhirnya adalah untuk mencapai kebahagiaan yang haqiqi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ichsan, Muhammad Fahmifahmiichsan07@gmail.comE97219081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmujitasmuji@uinsby.ac.id2027096201
Subjects: Aliran Kebatinan
Kebudayaan Jawa
Tasawuf
Keywords: Laku Pancawisaya; tasawuf; Semar; imam al Ghazali
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Fahmi Ichsan
Date Deposited: 11 May 2023 01:36
Last Modified: 11 May 2023 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62053

Actions (login required)

View Item View Item