Struktur kepribadian tokoh dalam film selesai karyaTompi: kajian psikologi fiksi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Daroja, Febrina Zakiya (2023) Struktur kepribadian tokoh dalam film selesai karyaTompi: kajian psikologi fiksi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febrina Zakiya Daroja_A74219023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kepribadian yang menyebabkan tokoh mengalami konflik batin yang dialami oleh setiap tokoh yang terdapat dalam Film Selesai karya Tompi. Sehingga dapat menentukan rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: (1) Apa isi cerita dalam Film Selesai karya Tompi? (2) Bagaimana bentuk struktur kepribadian oleh Sigmund Freud pada tokoh dalam Film Selesai karya Tompi? (3) Apa faktor penyebab terjadinya konflik batin pada tokoh dalam Film Selesai karya Tompi? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan mengungkapkan makna dan pemaparan data secara rinci mengenai isi cerita, struktur kepribadian psikologi Sigmund Freud serta faktor penyebab konflik batin. Dengan menggunakan objek Film Selesai karya Tompi yang ditayangkan di Bioskop Online. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Film Selesai karya Tompi ini mengangkat tema yang tidak jauh mengenai permasalahan kehidupan berumah tangga yaitu perselingkuhan. Struktur kepribadian psikologi Sigmund Freud ini didasarkan pada id, ego dan superego yang saling berkaitan sehingga dapat membentuk tingkah laku manusia. Id tersebut didasari atas hasrat ingin memiliki dan mencintai, ego mereka bertindak atas dasar keinginan yang sesuai dengan realita, dan superego menjadi pengendali antara id dan ego yang bertujuan untuk sesuai dengan nilai moralitas. Dampak psikologis tokoh dalam film Selesai ini terdapat adanya halusinasi atau delusi, kecemasan, dan trauma. Hasil juga membuktikan bahwa kepribadian manusia ini memiliki faktor penyebab terjadinya konflik batin yang direpresentasikan pada beberapa tokoh yang mengalaminya yaitu faktor historis dan faktor kontemporer. Faktor historis oleh tokoh Ayu dipengaruhi karena dirinya telah mengalami perselingkuhan, tokoh Broto yang melakukan tindak ketidakjujuran dan tokoh Yani mengalami pengkhianatan dari Bambang. Sedangkan faktor kontemporer ini dialami oleh tokoh Ayu yaitu rasa kesepian dan ingin dicintai dan tokoh Broto ini merasa berkuasa karena menjadi pebisnis yang sukses.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Daroja, Febrina Zakiyafebrinazakiya@gmail.comA74219023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Thesis advisorSeptiyani, Rizki EndiRIZKIENDISEPT@UINSBY.AC.ID2021098805
Subjects: Bahasa Indonesia
Film
Keywords: Film Selesai, Struktur Kepribadian, Konflik Batin, Psikologi Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Febrina Zakiya Daroja
Date Deposited: 10 May 2023 07:02
Last Modified: 10 May 2023 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62068

Actions (login required)

View Item View Item