Sejarah dan perkembangan Pondok Pesantren TMI (Tarbiyatul Muallimien al Islamiyah) Putri al Amien Prenduan Sumenep Tahun 1985-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shafiyyah, Ghina (2023) Sejarah dan perkembangan Pondok Pesantren TMI (Tarbiyatul Muallimien al Islamiyah) Putri al Amien Prenduan Sumenep Tahun 1985-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ghina Shafiyyah_A92219089 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) Bagaimana sejarah berdirinya TMI Putri Al-Amien prenduan? (2) Bagaimana perkembangan pesantren TMI Putri Al-Amien Prenduan tahun 1985-2021? (3) Bagaimana adaptasi yang dilakukan pesantren TMI Putri Al-Amien Prenduan terhadap munculnya era digital? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan metode sejarah. Ini adalah langkah merekonstruksi masa lalu secara sistematis dan objektif dengan mengumpulkan, mengkritisi, dan menafsirkan data untuk menetapkan fakta dan kesimpulan yang tegas. Secara teori, penelitian ini menggunakan teori kontinuitas dan perubahan (Continuity and change) oleh John Obert Voll. Skripsi ini menyimpulkan bahwa pertama, berdirinya Pondok Pesantren TMI Putri Al-Amien dilatar belakangi, pada tahun 1984 datang beberapa remaja calon santriwati dari daerah Sumatra yang ingin belajar di lembaga pendidikan yang kurikulumnya serupa dengan TMI Putra, para remaja calon santriwati tersebut mengetahui kurikulum TMI Putra dari saudara mereka yang sedang menimba ilmu di pesantren TMI Putra. Kedua, perkembangan Pondok Pesantren TMI Putri Al-Amien Prenduan dimulai pada tahun 1992-2021 terdapat perkembngan pada aspek sarana dan prasarana secara bertahap. Ketiga, adaptasi yang dilakukan oleh Pesantren TMI Putri Al-Amien Prenduan terdapat beberapa perubahan yakni perubahan cara transaksi santri, perubahan penerimaan santriwati baru secara online, yang juga adanya perkembangan sistem SAG dan SAS.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shafiyyah, Ghinaghinashafiyyah03@gmail.comA92219089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id;2029117202
Thesis advisorJuma', Juma'ede.jou@gmail.com-
Subjects: Pesantren
Sejarah
Keywords: Pesantren; TMI Putri; santriwati
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ghina Shafiyyah
Date Deposited: 10 May 2023 06:03
Last Modified: 10 May 2023 06:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62147

Actions (login required)

View Item View Item