Pengaruh media Arabic Video Lyric terhadap penguasaan mufradat Bahasa Arab siswa Kelas IV MI Hidayatus Shibyan Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Ning Fitria (2023) Pengaruh media Arabic Video Lyric terhadap penguasaan mufradat Bahasa Arab siswa Kelas IV MI Hidayatus Shibyan Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ning Fitria Maghfiroh_D97219095 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurang adanya media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran, sebaliknya guru hanya berpedoman pada buku paket dan juga LKS. Proses pembelajaran bahasa Arab di kelas juga masih berpusat pada guru, yaitu siswa disuruh menirukan bacaan yang dibaca guru, kemudian guru yang mengartikan mufradat bahasa Arab dan siswa menuliskan artinya di buku. Permasalahan tersebut berpengaruh terhadap rendahnya penguasaan mufradat bahasa Arab siswa kelas IV. Oleh karena itu, peneliti melakukan usaha perbaikan pada pembelajaran mufradat khususnya pada materi “al-mihnah” melalui media Arabic Video Lyric. Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui penguasaan mufradat bahasa Arab sebelum dan sesudah menggunakan media Arabic Video Lyric siswa kelas IV MI Hidayatus Shibyan Gresik, 2) untuk mengetahui pengaruh media Arabic Video Lyric terhadap penguasaan mufradat Bahasa Arab siswa kelas IV MI Hidayatus Shibyan Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Experimental Design (non design) dan bentuk desainnya adalah one group pre test-post test design. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistic deskriptif, uji prasyarat (uji normalitas), dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada data nilai pretest, rata-rata skor pretest yaitu 56,70. Analisis data median dan modus menunjukkan hasil nilai yang sama yaitu 58. Sedangkan hasil data posttest menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest yaitu 75,51, dengan median yaitu 76,00 dan modus yaitu 82. Setelah diberikan perlakuan, nilai siswa mengalami peningkatan. Sehingga penguasaan mufradat bahasa Arab siswa kelas IV MI Hidayatus Shibyan Gresik mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan. 2) Hasil uji paired sample t test menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh yaitu Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau sig. < 0,05, sehingga media Arabic Video Lyric signifikan berpengaruh positif terhadap penguasaan mufradat bahasa Arab siswa kelas IV MI Hidayatus Shibyan Gresik. Oleh karena itu, H0 ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Ning Fitrianingfitriamaghfiroh@gmail.comD97219095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Keywords: Media Arabic Video Lyric; penguasaan mufradat Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ning Fitria Maghfiroh
Date Deposited: 11 May 2023 02:57
Last Modified: 11 May 2023 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62154

Actions (login required)

View Item View Item