Peningkatan hasil belajar pengukuran panjang melalui pendekatan Realistic Mathematics Education pada siswa Kelas II MI At Tauhid Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chusnah, Nuning Isfa' Nisa'ul (2023) Peningkatan hasil belajar pengukuran panjang melalui pendekatan Realistic Mathematics Education pada siswa Kelas II MI At Tauhid Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuning Isfa' Nisa'ul Chusnah_D97219096 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran Matematika di kelas II MI At Tauhid yang masih menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centered approaches) dan menggunakan sumber belajar LKS, sehingga berakibat pada hasil belajar siswa pada materi pengukuran panjang yang rendah dengan ketuntasan belajar sebesar 32%. Oleh karena itu, peneliti melakukan tindakan upaya perbaikan melalui penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam meningkatkan hasil belajar pengukuran panjang pada siswa kelas II MI At Tauhid Surabaya. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi pengukuran panjang setelah menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education pada siswa kelas II MI At Tauhid Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model teori Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI At Tauhid Surabaya yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat diterapkan pada materi pengukuran panjang di kelas II MI At Tauhid Surabaya dengan baik. Hal ini terlihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 90% meningkat pada siklus II menjadi sebesar 94%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 94% meningkat pada siklus II menjadi sebesar 98%. 2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas II MI At Tauhid setelah dilakukan penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi pengukuran panjang. Hal tersebut dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 61,89, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 77,32, dan pada siklus II sebesar 88,54. Peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal pada pra siklus sebesar 32%, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 57%, dan pada siklus II sebesar 86%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chusnah, Nuning Isfa' Nisa'ulnuningchusnah@gmail.comD97219096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Matematika Realistik
Keywords: Hasil belajar; pengukuran panjang; pendekatan realistic mathematics education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuning Isfa' Nisa'ul Chusnah
Date Deposited: 11 May 2023 03:18
Last Modified: 11 May 2023 03:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62159

Actions (login required)

View Item View Item