Studi kelayakan pendirian koperasi simpan-pinjam dan pembiayaan syariah nuri di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Rifqun (2023) Studi kelayakan pendirian koperasi simpan-pinjam dan pembiayaan syariah nuri di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifqun Nisa'_G04219052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan pendirian koperasi simpan-pinjam dan pembiayaan syariah NURI di kota Surabaya. Penelitian ini digunakan untuk melihat apakah pendirian koperasi simpan-pinjam dan pembiayaan syariah NURI di kota Surabaya ini layak atau tidak. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Dan untuk pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai teknik analisis datanya. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwasannya pendirian koperasi simpan-pinjam dan pembiayaan syariah NURI di kota Surabaya ini layak dengan perbaikan untuk dilanjutkan dengan perbaikan berupa pelengkapan legalitas usaha yang dibutuhkan dalam persyaratan pendirian KSPPS NURI cabang Surabaya. Kemudian untuk faktor kekuatan yang dapat mendukung kelayakan rencana pendiriannya, seperti: dapat mengidentifikasi kebutuhan dana dan sumbernya; dapat menetukan police cashflow; dapat memenuhi unsur MSDM; memiliki manajemen yang berfungsi sebagai perencanaan, pelaksanaan, dan pengorganisasian; memiliki aplikasi yang dapat diakses oleh para anggota; memilih lokasi pendirian yang strategis; memiliki beberapa legalitas yang telah tersedia seperti, surat keputusan badan hukum, izin usaha simpan pinjam, izin usaha perdagangan kecil, TDP, NPWP, tersertifikasi ISO 9001:2015; memiliki prospek pasar yang besar; memiliki tingkat inflasi yang tergolong ringan; dan memiliki rencana untuk menghadapi ancaman, dan untuk faktor kelemahan yang mengambat seperti tidak memiliki surat rekomendasi persetujuan pendirian kantor cabang KSPPS NURI di kota Surabaya, akta pendirian koperasi dari notaris, AD/ART, NIB, dan SITU. Hasil ini telah dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, yang kemudian ditarik kesimpulan. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk penelitian selanjutnya agar dapat meneliti kelayakan pendirian koperasi simpan-pinjam dan pembiayaan syariah NURI di kota Surabaya menggunakan analisis SWOT, agar dapat melihat bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dihadapi dalam perencanaan tersbut. Sehingga berdasarkan pada hasil analisis tersebut dapat membantu dalam pengambilan keputusan terkait strategi bisnis yang tepat dan untuk meminimalkan meminimalkan risiko kegagalan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Rifqunrifqunnisa01@gmail.comG04219066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id122101809889
Subjects: Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Bisnis
Keywords: Koperasi; simpan-pinjam; pembiayaan syariah nuri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E RIFQUN NISA'
Date Deposited: 15 May 2023 17:51
Last Modified: 15 May 2023 17:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62170

Actions (login required)

View Item View Item