Nilai islam dalam tradisi wiwitan di Desa Kanorejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Qina Rikhanatul (2023) Nilai islam dalam tradisi wiwitan di Desa Kanorejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qina Rikhanatul Jannah_A02219036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) Sejarah tradisi wiwitan di Desa Kanorejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban (2) Proses pelaksanaan tradisi wiwitan di Desa Kanorejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban (3) Nilai Islam dalam Tradisi wiwitan di Desa Kanorejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan antropologi budaya yang dianggap mampu untuk menjelaskan secara jelas mengenai prosesi pelaksanaan tradisi wiwitan. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori akulturasi budaya yang merupakan percampuran dari dua kebudayaan tanpa menghilangkan kebudayaan asli. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teori sistem batas akal dari James G. Frazer yang menyatakan bahwa ada beberapa permasalahan yang tidak dapat dipecahkan hanya menggunakan akal saja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian entografi.Tujuan dari metode etnografi adalah untuk memahami pandangan hidup manusia sebagai pedoman hidup. Dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Sejarah tradisi wiwitan di Desa Kanorejo pertama kali dilakukan oleh S. Tjokrowidijo pada tahun 1948. 2) Tradisi wiwitan merupakan tradisi yang dilakuukan oleh masyarakat petani di Desa Kanorejo menjelang masa panen tiba dengan meletakkan cok bakal (sesaji) di area persawahan. (3) Pada prakteknya masih belum ada nilai Islam yang terkandung dalam tradisi wiwitan meskipun masyarakat petani mulai mencampurkan budaya Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Qina Rikhanatulqinarikanatuljannah@gmail.comA02219036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Thesis advisorRidwan, Muhammadridwanuinsby.ac.id2017075901
Subjects: Akulturasi
Sejarah
Adat
Tradisi Islam
Keywords: Tradisi; Wiwitan; Kanorejo
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Qina Rikhanatul Jannah
Date Deposited: 11 May 2023 12:02
Last Modified: 11 May 2023 12:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62198

Actions (login required)

View Item View Item