التماسك النحوي في رواية بنات الرياض لرجاء عبدالله الصانع : دراسة تحليلية نصية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Kholifatur (2023) التماسك النحوي في رواية بنات الرياض لرجاء عبدالله الصانع : دراسة تحليلية نصية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kholifatur Rosyidah_A71218052.pdf

Download (978kB)

Abstract

Pada dasarnya sebuah teks membutuhkan beberapa elemen pembentuk teks yang selaras dan utuh sehingga diperoleh pemahaman sebuah teks. Salah satu elemen terpenting untuk pembentuk teks tersebut yaitu kohesi ( cohesion ). Kohesi terbagi menjadi dua bagian diantaranya kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Sesuai dengan penelitian ini kohesi gramatikal berperan penting dalam makna yang dihasilkan karena aspek kohesi gramatikal ada kaitannya dengan tata bahasa. Unsur kohesi gramatikal meliputi ( al ihalah ) referensi, ( al -istibdal ) subtitusi, ( al-hafzu ) ellipsis dan ( al-waslu ) konjungsi. Penelitian ini membahas tentang bentuk- bentuk kohesi gramatikal yang terdapat pada novel Banat Ar Riyadh karya Raja Abdullah Al Sanea. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk- bentuk kohesi gramatikal pada novel Banat Ar Riyadh. Metode yang digunakan pada penelitan ini adalah metode deskriptif kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata atau kalimat yang terdapat pada novel Banat Ar Riyadh, penelitian ini adalah penelitian kepustakaan ( library research ) dengan menggunakan pendekatan analisis teks. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pada novel Banat Ar Riyadh terdapat adanya elemen kebahasaan yang berupa semua aspek penanda dalam kohesi gramatikal berupa ( al ihalah ) referensi, ( al -istibdal ) subtitusi, ( al-hafzu ) ellipsis dan ( al-waslu ) konjungsi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Kholifaturifarosi01@gmail.comA71218052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kohesi gramatikal, novel, analisis teks
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: kholifatur rosyidah
Date Deposited: 12 May 2023 04:22
Last Modified: 12 May 2023 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62202

Actions (login required)

View Item View Item