Peran HM Saechan dalam perkembangan Muhammadiyah Babat Lamongan tahun 1973-1990

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Meiyra Nur (2023) Peran HM Saechan dalam perkembangan Muhammadiyah Babat Lamongan tahun 1973-1990. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meiyra Nur Laili_A72219056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan historis dan sosial. Pendekatan historis bertujuan untuk mengetahui sejarah perkembangan lembaga berdasarkan pada sumber teks. Sedangkan pendekatan sosial lebih memusatkan pada perilaku masyarakat secara umum dengan tujuan untuk mengetahui pola kehidupan dalam masyarakat. Adapun metode penulisan sejarah dilakukan dengan tahap heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Teori dalam penelitian ini adalah teori kepemimpinan dan peranan dalam sosiologi dari Soejono Soekanto.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) HM Saechan adalah tokoh mubaligh sekaligus pemimpin Muhammadiyah Babat yang lahir pada 3 Agustus 1920 dari pasangan H. Mashadi dan Masriah. (2) Perkembangan Muhammadiyah Babat masa awal ditandai dengan berdirinya amal usaha di bidang pendidikan dan kesehatan. Adapun Muhammadiyah periode HM Saechan mengalami perkembangan yang pesat dilihat dari pendirian amal usaha di beberapa bidang serta pergerakan organisasi melalui kegiatan-kegiatan sosial. (3) Kontribusinya dalam Muhammadiyah adalah memimpin PCM Babat selama empat periode berturut-turut dan melakukan pembangunan amal usaha di beberapa bidang seperti pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, dan tabligh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Meiyra Nurmeyranurlaili@gmail.comA72219056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Muhammadridwanabubakar59@gmail.com2017075901
Thesis advisorNuriyadin, Nuriyadinnuriyadin@hotmail.com2020017503
Subjects: Muhammadiyah
Organisasi Masyarakat
Ulama
Kepemimpinan
Keywords: HM Saechan; Kepemimpinan; Perkembangan Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Meiyra Nur Laili
Date Deposited: 11 May 2023 14:21
Last Modified: 11 May 2023 14:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62208

Actions (login required)

View Item View Item