القيم الإسلامية في ألبوم الأغنية "تبسم" لمسعود كرتيس (بحث في الأدب الإجتماعي)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achnafiyah, Chumaidatul (2023) القيم الإسلامية في ألبوم الأغنية "تبسم" لمسعود كرتيس (بحث في الأدب الإجتماعي). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chumaidatul Achnafiyah_A91219079 OK.pdf

Download (986kB)

Abstract

Lagu-lagu Arab adalah salah satu produk sastra yang mempunyai efek positif pada pendengar karena menenangkan perasaan dan membangkitkan semangat jiwa. Lagu-lagu Arab juga menjadi sarana untuk menyampaikan pesan atau nilai yang terkandung kepada pembaca melalui liriknya. Maka peneliti akan mengkaji nilai keislaman yang terdapat dalam album tabassam karya Mesut Kurtis dengan tujuan yaitu untuk mengetahui lirik lagu yang mengandung nilai keislaman dan macam-macam nilai keislaman yang terdapat pada album lagu tabassam. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diambil dari sembilan lagu dari album lagu tabassam karya Mesut Kurtis yang kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat 28 nilai keislaman mencakup 20 nilai aqidah dan 8 nilai syariah. 2) Nilai aqidah terdiri dari iman kepada Allah sebanyak 12 data, iman kepada Rasulullah sebanyak 6 data dan iman kepada Kitab Allah sebanyak 2 data. Adapun nilai syariah terdiri dari akhlak kepada diri sendiri sebanyak 2 data, akhlak kepada sesama sebanyak 1 data, akhlak kepada Allah sebanyak 2 data, akhlak tercela sebanyak 1 data dan ibadah dengan sholat sebanyak 2 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achnafiyah, Chumaidatulchumachnafiyaa@gmail.comA91219079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaikhu, Ahmad--2008066801
Thesis advisorSodiq, Machfud Muhamadgsseni@yahoo.com2016126903
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Nilai Keislaman; album tabassam; mesut kurtis
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Chumaidatul Achnafiyah
Date Deposited: 16 May 2023 00:44
Last Modified: 16 May 2023 00:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62290

Actions (login required)

View Item View Item