Implementasi strategi pemasaran Bank Muamalat Indonesia KCP Lamongan pada produk tabungan IB hijrah haji

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachman, Abid Auliya (2022) Implementasi strategi pemasaran Bank Muamalat Indonesia KCP Lamongan pada produk tabungan IB hijrah haji. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abid Auliya Rachman_G94218149.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implementasi Strategi Pemasaran Bank Muamalat Indonesia KCP Lamongan pada Produk Tabungan IB Hijrah Haji” Perkembangan inovasi produk dan jasa yang ditawarkan oleh bank saat ini telah mengalami banyak perubahan, setiap bank dihadapkan dengan masalah mengenai pemasaran, maka dari itu bank menekankan setiap manajemen perusahaan untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran Bank Muamalat Indonesia KCP Lamongan pada produk tabungan IB hijrah haji dan untuk mengetahui faktor yang menghambat dan mendukung strategi pemasaran produk tabungan IB hijrah haji di Bank Muamalat Indonesia KCP Lamongan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yakni melalui wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan pihak Bank Muamalat Indonesia KCP Lamongan dan Nasabah Bank Muamlat Indonesia KCP Lamongan. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dijalankan harus sesuai dengan startegi perencanaan (good innovation) perusahaan. Dalam menigimplementasikan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Muamalat KCP Lamongan dengan menerapkan komponen-komponen strategi pemasaran diantaranya yakni segmentation, targeting, positioning. Faktor-faktor yang menghambat strategi pemasaran produk tabungan IB hijrah haji di Bank Muamalat Indonesia KCP Lamongan adalah jangkauan pendaftaran haji, biaya pendaftaran porsi haji, keterbatasan unit kantor dan SDM, dan keraguan masyarakat tentang adanya Bank Muamlat Indonesia sebagai Bank Syariah . Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran produk tabungan IB hijrah haji di Bank Muamalat Indonesia KCP Lamongan adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu BPKH menjadi pemilik saham mayoritas Bank Muamalat Indonesia Tbk, terdorong menghindari riba, proses mendapatkan nomor porsi haji lebih mudah dan praktis, nasabah haji mendapatkan pertangunggan asuransi jiwa selama pelaksanaan ibadah haji. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang dipengaruhi dari luar seperti keinginan masyarakat untuk menunaikan ibadah haji, promosi, dan lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachman, Abid Auliyaobidlamongan123@gmail.comG94218149
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, Imambuchenanina@gmail.com2026096801
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Manajemen Strategi
Keywords: Strategi Pemasaran; Tabungan IB Hijrah Haji; Faktor pendukung dan penghambat.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abid Auliya Rachman
Date Deposited: 18 May 2023 05:14
Last Modified: 18 May 2023 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62356

Actions (login required)

View Item View Item