Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Bangilan Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, St Nur (2023) Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Bangilan Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunam Ampel Surabaya.

[img] Text
St Nur Faizah_D03219035 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi manajemen sumber daya manusia di MTs Al Falah Bangilan Tuban, produktivitas kerja guru di MTs Al Falah Bangilan Tuban, dan juga mengenai manajemen sumber daya mansuia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di MTs Al Falah Bangilan Tuban. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, dan guru di MTs Al Falah Bangilan Tuban. Peneliti mendalami fenomena-fenomena yang ada di lapangan kemudian menggambarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa implementasi manajemen sumber daya manusia yang ada di MTs Al Falah Bangilan Tuban meliputi perencanaan sumber daya manusia, rekrutmen sumber daya manusia, seleksi sumber daya manusia, pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja dan kompensasi. Sedangkan produktivitas kerja guru di MTs Al Falah Bangilan Tuban kurang maksimal, seperti beberapa guru kesulitan membuat perangkat pembelajaran dan mengumpulkan tidak tepat waktu, dalam pelaksanaan pembelajaran masih ada yang lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga siswa terlihat pasif hanya mendengarkan penjelasan guru, sedangkan dalam evaluasi pembelajaran guru sudah bisa melaksanakannya. Adapun manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di MTs Al Falah Bangilan Tuban terdiri dari perencanaan kerja yang dilakukan melalui rapat setiap semester, pelatihan guru dengan mengikutsertakan mereka dalam kegiatan pelatihan yang diadakan oleh instansi pemerintah, penilaian kinerja guru dengan mengadakan supervisi dan pemberian penghargaan sebagai bentuk rasa terima kasih dan memotivasi guru untuk lebih terus meningkatkan kinerjanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, St Nurstfaizah56@gamil.comD03219035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Guru
Manajemen Strategi
Manajemen Personalia
Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia; produktivitas kerja guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: St Nur Faizah
Date Deposited: 17 May 2023 08:42
Last Modified: 17 May 2023 08:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62364

Actions (login required)

View Item View Item