Pengaruh penggunaan media Powerpoint terhadap minat belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV di MI Negeri 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukti, Goma Azhary Eka (2023) Pengaruh penggunaan media Powerpoint terhadap minat belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV di MI Negeri 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Goma Azhary Eka Mukti_D07218011 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas IV MI Negeri 1 Sidoarjo Buduran Sidoarjo pelajaran Bahasa Jawa. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan pada guru kelas diketahui bahwa metode dan model pembelajaran yang digunakan pada KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) selama ini kurang bervariasi sehingga berdampak pada rendahnya minat belajar siswa. Sehingga peneliti melakukan perbaikan dengan menerapkan Media Pembelajaran Berupa PowerPoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana minat belajar bahasa jawa peserta didik kelas IV sebelum di terapkan media Microsoft Office PowerPoint? 2) Bagaimana minat belajar bahasa jawa peserta didik kelas IV sesudah di terapkan media Microsoft Office PowerPoint? 3) Bagaimana pengaruh penggunaan media Microsoft Office PowerPoint terhadap minat belajar pada mata pelajaran bahasa jawa yang telah di terapkan kepada peserta didik kelas IV MI Negeri 1 Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kuantitatif.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Negeri 1 Sidoarjo Buduran Sidoarjo yang terdiri dari 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,kuensioner,dan dokumentasi dengan memakai rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1).Minat belajar peserta didik masih dengan presentase 50%. 2).Minat belajar peserta didik sudah naik dengan presentase 80%.3).Pengaruh Minat Belajar Siswa Antara Tidak diterapkan nya Media PowerPoint Dengan yang diterapkannnya Media Power Point Terhadap Mata Pelajaran Bahasa jawa di MI Negeri 1 Sidoarjo hasil penelitian terhadap perbandingan minat belajar siswa menggunakan media PowerPoint pada mata pelajaran Bahasa jawa di MI Negeri 1 Sidoarjo dapat dibuktikan dengan nilai perbandingan rata-rata 22.111< 28.8500, maka dapat dipahami bahwa secara deskriptif terdaapat perbedaan rata-rata hasil minat belajar pelajaran Bahasa Jawa Pada MI Negeri I Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukti, Goma Azhary Ekad07218011@uinsby.ac.idD07218011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Belajar
Kebudayaan Jawa
Media Sosial
Keywords: Media pembelajaran; minat belajar pesertadidik; Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: GomaAzhary Goma Azhary
Date Deposited: 19 May 2023 06:42
Last Modified: 19 May 2023 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62372

Actions (login required)

View Item View Item