Strategi kepala sekolah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru MI Citra Taman Siswa Menganti dan UPT SD Negeri 228 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Siswanda, Surizka Dwi (2023) Strategi kepala sekolah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru MI Citra Taman Siswa Menganti dan UPT SD Negeri 228 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Surizka Dwi Siswanda_D03219036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Strategi Kepala Sekolah dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru di MI Citra Taman Siswa Menganti dan UPT SD Negeri 228 Gresik, dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bentuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru. (2) Strategi kepala sekolah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru. (3) Kendala dan solusi kepala sekolah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru di MI Citra Taman Siswa Menganti dan UPT SD Negeri 228 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskripif. Data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan yang terdiri dari Kepala Sekolah, guru dan pengawas. Penelitian ini menggunakan tiga analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk PKB di MI Citra Taman Siswa Menganti dan UPT SD Negeri 228 Gresik antara lain yaitu pengembangan diri berupa pelatihan, workshop, seminar dan KKG. Publikasi ilmiah berupa laporan hasil PTK dan modul serta karya inovatif berupa alat peraga, video pembelajaran dan pedoman soal. (2) Strategi kepala sekolah dalam PKB guru yaitu melakukan rapat rutin, mengamati EDM pada MI dan rapor pendidikan pada SDN, mengadakan kegiatan pengembangan dan kepala sekolah juga selalu memberikan dukungan, semangat dan reward untuk guru. (3) Kendala kepala sekolah dalam PKB guru diantaranya yaitu biaya, kurangnya semangat guru dan sarana prasarana. Sedangkan solusi kepala sekolah dalam menyelesaikan kendala tersebut diantaranya yaitu dengan memrogram atau menjadwal kegiatan di lembaga, selalu memberikan motivasi untuk para guru dan melangsungkan pembangunan sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Siswanda, Surizka Dwirizkasiswanda26@gmail.comD03219036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRifa'i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Kepala Sekolah
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Strategi Kepala Sekolah; Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB); guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Surizka Dwi Siswanda
Date Deposited: 22 May 2023 03:23
Last Modified: 22 May 2023 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62379

Actions (login required)

View Item View Item