Perencanaan strategis sistem informasi dengan metode balanced scorecard dan analytical hierarchy process pada PT. ABC

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrian, Mochammad Doni (2023) Perencanaan strategis sistem informasi dengan metode balanced scorecard dan analytical hierarchy process pada PT. ABC. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Doni Febrian_H96218065.pdf

Download (14MB)

Abstract

Pengukuran kinerja merupakan sebuah proses sistematis untuk mengevaluasi hasil akhir sebuah strategi yang dikerjakan telah sesuai dengan prosedur atau sebaliknya. Pada-saat ini PT. ABC belum mempunyai perencanaan strategis sistem informasi yang berguna-untuk dijadikan sebagai ukuran dalam mengetahui efisiensi strategi dalam membangun dan-mengembangkan strategi yang diharapkan nantinya dapat mendukung pencapaian sasaran kinerja berdasarkan visi dan misinya. Penelitian ini-bertujuan untuk-mendapatkan suatu-informasi yang berisi tentang berapa persen pencapaian kinerja yang dimiliki perusahaan berdasarkan 4 perspektif yang dimiliki balanced-scorecard (BSC). Penelitian ini menggunakan 3 pakar yaitu divisi manager marketing (pakar 1), IT (pakar 2), manager production (pakar 3), dengan memberikan kuesioner secara langsung, sehingga dapat menjelaskan nilai bobot dari strategi dengan setiap persepsi yang berbeda beda. Analisis data dalam-penelitian-ini menggunakan-analytical-hierarchy-process (AHP) dan kualitatif. Hasil-penelitian-ini berdasarkan balanced-scorecard, terdapat 11 strategi yang didapatkan yaitu memaksimalkan profit perusahaan, menurunkan biaya atau meningkatkan produktifitas, memperhatikan kepuasan buyer, meningkatkan jumlah buyer, meningkatkan hubungan dan loyalitas buyer, mengoptimalkan pembuatan produksi dan distribusi tepat waktu, mengoptimalkan kapasitas produksi dan efisiensi, identifikasi produk yang akan dibutuhkan di masa mendatang, menerima masukan dan ide dari karyawan, meningkatkan kemampuan dalam mengelola data sistem informasi, memberikan pelatihan dan pengembangan kompetensi karyawan. Berdasarkan pencapaian kinerja perusahaan yang diolah dengan hasil pembobotan analytical-hierarchy-process (AHP) pencapaian kinerja yang dimiliki perusahaan sebesar 104,9%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrian, Mochammad Donidonifebrian84@gmail.comH96218065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKunaefi, Anangakunaefi@uinsby.ac.id--
Thesis advisorPermadi, Andhyandhy@uinsby.ac.id2014108103
Subjects: Manajemen Strategi
Manajemen Informasi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Perencanaan strategis sistem informasi; BSC; AHP
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Mochammad Doni Febrian
Date Deposited: 20 May 2023 02:33
Last Modified: 20 May 2023 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62439

Actions (login required)

View Item View Item