Analisis kesalahan penulisan huruf kapital dan tanda baca dalam karangan deskripsi pada siswa kelas V Tulip MI Nurul Huda Ngampelsari Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Priyanti, Intanika Maya (2023) Analisis kesalahan penulisan huruf kapital dan tanda baca dalam karangan deskripsi pada siswa kelas V Tulip MI Nurul Huda Ngampelsari Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intanika Maya Priyanti_D97216055.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil menulis karangan deskripsi siswa kelas V Tulip MI Nurul Huda Ngampelsari Sidoarjo, diketahui bahwa masih banyak kesalahan penggunaan ejaan terutama dalam menulis huruf kapital dan tanda baca yang tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penulisan huruf kapital dan tanda baca dalam karangan deskripsi pada siswa, serta untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan penulisan huruf kapital dan tanda baca dalam karangan deskripsi pada siswa kelas V Tulip MI Nurul Huda Ngampelsari Sidoarjo, sehingga kesalahan tersebut dapat dikurangi dan diperbaiki. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari terdiri dari 37 siswa kelas V Tulip MI Nurul Huda Ngampelsari. Instrumen yang digunakan ialah melalui wawancara dan dokumentasi berupa hasil karangan deskripsi siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman, dimana dalam menganalisis data terdapat empat kegiatan, yaitu: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, (4) Kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan deskripsi pada siswa kelas V Tulip MI Nurul Huda Ngampelsari termasuk kategori kesalahan tinggi sebanyak 465 kesalahan dengan presentase 70,77%. Sedangkan, kesalahan penulisan pada tanda baca dalam karangan deskripsi pada siswa kelas V Tulip MI Nurul Huda Ngampelsari termasuk kategori kesalahan rendah sebanyak 192 kesalahan dengan presentase 29,22%. Faktor penyebab kesalahan penulisan huruf kapital dan tanda baca dalam karangan deskripsi pada siswa kelas V Tulip MI Nurul Huda Ngampelsari, yaitu: Kurangnya minat siswa terhadap kegiatan menulis karangan, rendahnya minat baca siswa, sikap siswa yang kurang peduli terhadap penulisan huruf kapital dan tanda baca, kurangnya pemahaman siswa mengenai kaidah penulisan huruf kapital dan tanda baca, metode pembelajaran yang kurang bervariasi, media pembelajaran yang kurang menarik dan perkembangan teknologi masa kini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Priyanti, Intanika Mayaintanikamaya@gmail.comD97216055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Bahasa Indonesia
Menulis
Linguistik
Keywords: Analisis kesalahan; huruf kapital; tanda baca; karangan deskripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Intanika Maya Priyanti
Date Deposited: 20 May 2023 02:30
Last Modified: 20 May 2023 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62443

Actions (login required)

View Item View Item