Analisis penerapan bauran pemasaran dalam menarik minat beli konsumen ditinjau dari etika bisnis islam perspektif Muhammad Djakfar di minimarket sakinah Medokan Ayu Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widodo, Dewi Kartika Putri (2022) Analisis penerapan bauran pemasaran dalam menarik minat beli konsumen ditinjau dari etika bisnis islam perspektif Muhammad Djakfar di minimarket sakinah Medokan Ayu Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Kartika Putri Widodo_G04218012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang bejudul “Analisis Penerapan Bauran Pemasaran Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam Perspektif Muhammad Djakfar Di Minimarket Sakinah Medokan Ayu Surabaya” bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan bauran pemasaran dalam menarik minat beli konsumen di minimarket Sakinah Medokan Ayu Surabaya ditinjau dari etika bisnis Islam perspektif Muhammad Djakfar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif, di mana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi dengan pihak manager area, kepala toko, karyawan (pramuniaga dan kasir) dan konsumen serta dokumen dari minimarket Sakinah Medokan Ayu Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah jenis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Bauran pemasaran yang diterapkan oleh minimarket Sakinah Medokan Ayu Surabaya dalam menarik minat beli konsumen meliputi bauran pemasaran 5P, yaitu product, price, place, promotion, dan people sudah dapat dikatakan dilakukan dengan baik. 2) Dalam tinjauan etika bisnis Islam perspektif Muhammad Djakfar, penerapan bauran pemasaran yang dilakukan oleh minimarket Sakinah Medokan Ayu Surabaya dapat dikatakan sudah memiliki kesesuaian atau selaras dengan pedoman etika Muhammad Djakfar. Dari hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan kepada minimarket Sakinah yakni, diharapkan agar selalu konsisten dalam menjaga citra bisnis islami yang dimiliki, selalu berinovasi dalam hal mengembangkan variasi produk dan fasilitas sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing, dan selalu menjaga niat kerja adalah ibadah agar dapat terhindar dari segala perbuatan yang tidak etis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widodo, Dewi Kartika Putridewikartika634@gmail.comG04218012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.co.id2013087601
Subjects: Pemasaran
Bisnis
Etika
Keywords: Bauran pemasaran; minat beli; etika bisnis islam; muhammad djakfar
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dewi Kartika Putri Widodo
Date Deposited: 24 May 2023 01:48
Last Modified: 24 May 2023 01:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62555

Actions (login required)

View Item View Item