Pengaruh teknik Gestalt Reframing untuk meningkatkan kesadaran diri pada remaja di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Kurniawati (2023) Pengaruh teknik Gestalt Reframing untuk meningkatkan kesadaran diri pada remaja di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kurniawati_B93219124 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rumusan masalah: Bagaimana pengaruh teknik gestalt reframing untuk meningkatkan kesadaran diri pada remaja di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya? Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui pengaruh teknik gestalt reframing untuk meningkatkan kesadaran diri pada remaja di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya. Hipotesis pada penelitian ini disusun sebagai berikut: H1: Ada pengaruh antara pemberian teknik gestalt reframing terhadap kesadaran diri pada remaja di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya, H0: Tidak ada pengaruh antara pemberian teknik gestalt reframing terhadap kesadaran diri pada remaja di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Peneliti membagi responden menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (kelompok yang diberikan perlakuan teknik gestalt reframing), dan kelompok kontrol (kelompok yang tidak diberikan perlakuan sama sekali). Pada tahap penelitian, peneliti melakukan identifikasi masalah, mendiagnosa permasalahan, menentukan treatmen, penerapan treatmen dan evaluasi. Tahap awal yang dilakukan peneliti yaitu menyebarkan angket pretest, selanjutnya pemberian perlakuan, kemudian menyebarkan angket posttest. Hasil penelitian dari uji hipotesis didaptkan nilai Sig (2-tailed) pada bagian Equal Variance Assumed < 0.05 yaitu 0,00. Maka dapat disimpulkan berdasarkan hasil independen t test bahwa H1 yang berbunyi “Ada pengaruh antara pemberian teknik gestalt reframing terhadap kesadaran diri pada remaja di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya”. Diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat dikatakan bahwa teknik gestalt reframing berpengaruh untuk meningkatkan kesadaran diri pada remaja di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Kurniawatikhurniawhati@gmail.comB93219124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, AgusAgus.santoso@uinsby.ac.id197008251998031002
Subjects: Bimbingan Konseling
Kenakalan Anak dan Remaja
Remaja
Keywords: Terapi Gestalt;teknik Reframing; kesadaran diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Kurniawati Kurniawati Kurniawati
Date Deposited: 28 May 2023 15:27
Last Modified: 28 May 2023 15:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62618

Actions (login required)

View Item View Item