Komodifikasi Filantrofi di Platform Digital: studi kasus Fenomena Ikoy-Ikoyan di Instagram

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arum, Zahrotun Nisa’ (2022) Komodifikasi Filantrofi di Platform Digital: studi kasus Fenomena Ikoy-Ikoyan di Instagram. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrotun Nisa' Arum_I03218023_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Topik kajian penelitian ini ialah tentang bagaimana gambaran fenomena Ikoy-ikoyan di Instagram yang tengah tren di media sosial terutama di Instagram apabila dilihat dari sudut pandang kajian interaksionisme simbolik, dan juga melihat apa saja bentuk permainan ikoy-ikoyan ini serta menganalisis motivasi dan makna atau latar belakang mereka mengikuti permainan ikoy-ikoyan. Penelitian ini dilakukan di Instagram yakni pada akun Instagram @ikoy2an yang mana akun tersebut adalah akun penyelenggara dari permainan Ikoy-ikoyan. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang kemudian dikaji menggunakan pedoman dari teori-teori Interaksionalisme Simbolik milik George Herbert Mead & Herbert Blumer.Dari penelitian ini ditemukan 3 motif dan makna : (1) Bersenang-senang, “ikoy-ikoyan” adalah sebuah model giving behavior sebagai bagian dari aktivitas social sehingga banyak dari pengguna Instagram mengikutinya untuk seru-seruan. (2) Tes Keberuntungan, “ikoy-ikoyan” dianggap sebagai permainan yang menguntungkan. Sehingga menganggap hal tersebut sebagai Rezeki dan kemudahan dalam berbagai urusan seakan mengalir dan melimpah begitu saja. (3) Membutuhkan uang, permainan “Ikoy-ikoyan” menjadi idaman banyak orang untuk memenuhi kebutuhannya, karena mengikuti permainan ini kita bisa mendapatkan hadiah yang di idam-idamkan atau dibutuhkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arum, Zahrotun Nisa’arumnisazahrotun@gmail.comI03218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahryan@yahoo.co.id2001037701
Subjects: Media Sosial
Sosiologi
Keywords: Filantrofi; Platform Digital; Ikoy-ikoyan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Zahrotun nisa' Arum
Date Deposited: 29 May 2023 15:08
Last Modified: 29 May 2023 15:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62642

Actions (login required)

View Item View Item