Pengaruh tata kelola perusahaan dengan keragaman gender sebagai variabel moderasi terhadap keputusan struktur modal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliyanti, Ayu Dwi (2022) Pengaruh tata kelola perusahaan dengan keragaman gender sebagai variabel moderasi terhadap keputusan struktur modal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Dwi Auliyanti_G72217029 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki orientasi dengan tujuan untuk menguji ukuran dewan direksi dan komisaris independen terhadap struktur modal serta menguji keberadaan keragaman gender sebagai variabel moderasi terhadap pengaruh ukuran dewan direkasi dan komisaris independen terhadap struktur modal. Objek dari penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 – 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan paradigma positif. Data yag digunakan merupakan data sekunder berupa annual report yang diterbitkan perusahaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 374 sampel dengan menggunakan purposive sampling sebagai metode pemilihan sampelnya. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan metode analisis regresi linier berganda dengan alat bantu analisis yaitu SPSS dalam mengelola datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan jika ukuran dewan direksi berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan komisaris independen berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Keragaman gender sebagai variabel moderasi terbukti memperkuat secara positif keberadaan komisaris independen terhadap struktur modal. Namun tidak dapat memperkuat hubungan ukuran dewan direksi terhadap struktur modal. Penelitian ini memberikan saran kepada peneliti selanjutnya untuk menggunakan variabel lain selain tata kelola perusahaan ataupun menggunakan proksi yang berbeda apabila variabel – variabel tersebut digunakan kembali dalam penelitian selanjutnya. Selain itu dapat menggunakan sektor lainnya agar hasil penelitian memiliki nilai pembaharuan yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliyanti, Ayu Dwidwiauliyantiayu@gmail.comG72217029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajengtita@gmail.com198708282019032013
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen
Keywords: Ukuran dewan direksi; komisaris independen; keragaman gender; struktur modal dan leverage
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Ayu Dwi Auliyanti
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:16
Last Modified: 05 Jun 2023 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62768

Actions (login required)

View Item View Item