Pemberdayaan masyarakat kota untuk mewujudkan sustainable cities and communities perspektif maqashid syariah di Kelurahan Jemur Wonosari Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Iin, Chuurin (2023) Pemberdayaan masyarakat kota untuk mewujudkan sustainable cities and communities perspektif maqashid syariah di Kelurahan Jemur Wonosari Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chuurin 'Iin_G94218160.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dimensi perkotaan menyumbang 65% target dan 85% indikator yang termuat dalam Sustainable Development Goals (SDGs). Dengan demikian, mewujudkan kondisi sustainable cities and communities akan menyediakan peluang untuk mengatasi persoalan keberlanjutan di berbagai sektor. Sementara itu, keberlanjutan di level mikro merupakan faktor penting dalam upaya mewujudkan kondisi sustainable cities and communities yang dapat direalisasikan melalui program pemberdayaan masyarakat. Di lain sisi, peran agama Islam yang merepresentasikan mayoritas masyarakat Indonesia dapat memberikan motivasi dan dorongan bagi penduduk muslim sehingga perlu diintegrasikan secara substansial dalam upaya mewujudkan kondisi sustainable cities and communities melalui penjagaan terhadap nilai-nilai maqashid syariah. Penelitian ini membahas tentang program pemberdayaan masyarakat pada Kelompok Tani Mugi Lestari untuk mewujudkan kondisi sustainable cities and communities di tingkat mikro khususnya Kelurahan Jemur Wonosari Kota Surabaya serta dikaji dalam perspektif maqashid syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pemberdayaan masyarakat pada Kelompok Tani Mugi Lestari telah mengimplementasikan prinsip pemberdayaan dan mandiri dalam beberapa aspek. Program pemberdayaan memberikan manfaat di empat dimensi keberlanjutan dan mendukung beberapa indikator SDG 11. Dalam kaitannya dengan kajian maqashid syariah, program pemberdayaan masyarakat pada Kelompok Tani Mugi Lestari untuk mewujudkan kondisi sustainable cities and communities merupakan realisasi dari penjagaan terhadap kelima nilai maqashid syariah. Adapun saran yang dapat dipertimbangkan bagi Kelompok Tani Mugi Lestari adalah diharapkan tetap menjaga semangat dan komitmen dalam menjalankan kegiatan operasional sehingga program pemberdayaan dapat berkesinambungan. Bagi stakeholder diharapkan untuk lebih sering memberikan pelatihan dan pendampingan pada Kelompok Tani Mugi Lestari serta mensosialisasikan upaya mewujudkan kondisi sustainable cities and communities kapada penduduk kota. Bagi masyarakat umum diharapkan untuk turut berpartisipasi dalam upaya mewujudkan kondisi sustainable cities and communities demi menciptakan habitat perkotaan yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Iin, Chuurinchuuriniin29@gmail.comG94218160
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id2021027302
Subjects: Ekonomi Islam
Kesejahteraan Sosial
Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; sustainable cities and communities; maqashid syariah; kelompok tani
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Chuurin 'Iin
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:36
Last Modified: 20 Sep 2023 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62796

Actions (login required)

View Item View Item