Analisis POAC pendistribusian zakat produktif untuk peningkatan pendapatan ekonomi di masa pandemi: pada lembaga amil zakat, infaq dan sedekah Nadhdlatul Ulama Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yahya, Umi Fatimatul (2023) Analisis POAC pendistribusian zakat produktif untuk peningkatan pendapatan ekonomi di masa pandemi: pada lembaga amil zakat, infaq dan sedekah Nadhdlatul Ulama Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Fatimatul Yahya_G95217045.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian metode kualitatif dengan tujuan menjawab rumusan masalah yaitu, bagaimana pendistribusian dana zakat produktif terhadap perndapatan ekonomi mustahik Lazisnu Jawa Timur di masa pandemi serta bagaiamana analisa teori POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling) terhadap pendistribusian dana zakat produktif Lazisnu Jawa Timur di masa pandemi. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya menjelaskan dengan cara sistematis, terstruktur, dan terencana dengan jelas, dari awal penelitian hingga pelaksanaan penelitian, serta memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti melaui proses pengumpulan data yang telah tersusun. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Dalam Kegiatanya Lazisnu Jawa Timur dan tim Satgas gencar untuk melakukan gotong royong Bersama dengan masyarakat untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Ada beberapa Aksi Kemanusiaan yang dilakukan oleh Lazisnu Jawa Timur dalam rangka mencegah penyebaran Virus Covid-19, seperti penyaluran zakat produktif. Pengelolaan zakat produktif di Lazisnu Jawa Timur dilakukan melalui beberapa program yaitu Bina Desa Nusantara, Bantuan Modal Usaha, Bantuan Alat Usaha dan Rumah Ternak. Adapun Analisisi Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling terhadap pengelolaan zakat produktif untuk meningkatkan kesejahteraan mustahik di masa pandemi pada Lazisnu Jawa Timur adalah pihak Lazisnu Jatim telah melakukan sebagaimana sesuai dengan teori POAC walaupun dalam Controlling masih harus diperbaiki lagi sehingga terbentuk manajemen yang lebih baik lagi. Adapun rekomendasi yang dapat menjadi bahan masukan kepada pengelola Lazisnu Jatim agar evaluasi dan controlling lebih diperhatikan lagi, baik itu secara internal Lazisnu Jatim atau dengan melibatkan Cabang NU Care-Lazisnu di tingkat Kab/Kota sehingga diharapkan dapat turut meningkatkan keberhasilan program zakat produktif dan meningkatkan kesejahteraan mustahik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yahya, Umi Fatimatulumifathymatul@gmail.comG95217045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Lianlian.fuad@uinsby.ac.id2121048502
Subjects: Manajemen Strategi
Zakat
Amil Zakat
Keywords: Zakat produktif; pendapatan; POAC
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Umi Fatimatul Yahya
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:13
Last Modified: 07 Jun 2023 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62852

Actions (login required)

View Item View Item