Pendampingan inovasi ceting'e Abah Kolel dalam pemberdayaan masyarakat Desa Senjayan Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Harfuddin, Yanuar Irfani (2023) Pendampingan inovasi ceting'e Abah Kolel dalam pemberdayaan masyarakat Desa Senjayan Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yanuar Irfani Harfuddin_B02219042.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ceting’e Abah Kolel merupakan inovasi yang dapat mengedukasi masyarakat dalam pencegahan kasus stunting balita di desa Senjayan. Hal ini sangat mendukung masyarakat untuk memanfaatkan tanah pekarangan sebagai lahan menanam sayur, buah, dan pemeliharaan kolam lele skala rumah tangga. Pendampingan ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran kader kesehatan dan ibu-ibu PKK desa dalam pemanfaatan tanah pekarangan, pengelolahan sampah organik, sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat, serta pelatihan membuat menu inovasi kedepannya. Dengan menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), peneliti bertujuan untuk mengkaji aksi sosial dengan mengembangkan inovasi-inovasi dalam prioritas penelitian, mengutamakan pemanfaatan inovasi milik masyarakat sebagai bahan untuk memberdayakan proses-proses perubahan sosial, peneliti menerapkan langkah-langkah 5D yaitu: Discovery, Dream, Design, Define, serta Destiny. Perubahan sosial terjadi di masyarakat pasca bantuan ini adalah timbulnya kesadaran umum akan inovasi pemanfaatan kebun sendiri dan kemampuan membudidayakan tumbuhan di kebun sendiri sebagai sumber pangan. Mengurangi kejadian balita melambat dan masyarakat lebih termotivasi untuk belajar. Strategi pemanfaatan galangan kapal adalah masyarakat dan peneliti bersama-sama merevitalisasi inovasi dan mengejarnya dengan ekspektasi yang jelas. Monitoring dan evaluasi terus dilakukan setiap pekan dengan melibatkan tokoh masyarakat, khususnya ibu-ibu PKK sebagai generasi penerus desa Senjayan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Harfuddin, Yanuar IrfaniB02219042@student.uinsby.ac.idB02219042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Pemberdayaan
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pendampingan; kasus balita stunting; inovasi ceting’e Abah Kolel; perubahan sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yanuar Irfani Harfuddin
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:10
Last Modified: 09 Jun 2023 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62910

Actions (login required)

View Item View Item