Persepsi masyarakat digital terhadap konten edukatif seputar anime: studi netnografi pada akun Instagram @Wibuasik)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kristina, Irena Dyah (2023) Persepsi masyarakat digital terhadap konten edukatif seputar anime: studi netnografi pada akun Instagram @Wibuasik). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irena Dyah Kristina_I93219086.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penelaahan atas beragamnya persepsi masyarakat digital terhadap konten edukatif seputar anime yang dihadirkan dalam akun Instagram @wibuasik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana interpretasi warganet terhadap istilah anime, cara akun Instagram @wibuasik mengedukasi masyarakat melalui unggahan konten digitalnya, serta persepsi masyarakat digital terkait berbagai konten @wibuasik. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah netnografi atau etnografi virtual dengan mengedepankan analisis berbasis teori wacana Michel Foucault. Pengumpulan data dilakukan secara observasi netnografis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah adanya penerimaan serta pemahaman holistik dalam benak mayoritas masyarakat digital terkait istilah anime sehingga kesalahpahaman terhadap anime menjadi kian berkurang. Selain itu juga dipahami bahwasanya masyarakat digital terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan konstruksi persepsinya terhadap serangkaian wacana berupa konten-konten edukatif dalam akun Instagram @wibuasik, yaitu positif dan negatif. Dikotomi tersebut erat kaitannya dengan distingsi latar belakang sosial, pola pikir, pengalaman, hingga prinsip masing-masing individu yang melahirkan pemahaman serta respons berlawanan antar satu sama lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kristina, Irena Dyahirenadyahkristina@gmail.comI93219086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@uinsby.ac.id2020017801
Subjects: Media Sosial
Pendidikan > Media
Sosiologi
Keywords: Persepsi; masyarakat digital; konten edukatif; anime; wibuasik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Irena Dyah Kristina
Date Deposited: 16 Jun 2023 06:19
Last Modified: 16 Jun 2023 06:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62978

Actions (login required)

View Item View Item