KONTRIBUSI BIMBINGAN BACA TULIS AL-QUR'AN (BTQ) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK AL-QUR'AN PADA KELAS VII SMP NEGERI 13 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sariono, Sariono (2012) KONTRIBUSI BIMBINGAN BACA TULIS AL-QUR'AN (BTQ) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK AL-QUR'AN PADA KELAS VII SMP NEGERI 13 SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Kontribusi bimbingan baca tulis al-Qur’an di SMP Negeri 13 Surabaya. Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah : 1) Implementasi baca tulis al Qur'an (BTQ)yang ada di SMP Negeri 13 Surabaya 2) Faktor pendukung dan penghambat program pembelajaran baca tulis al Qur'an (BTQ)yang ada di SMP Negeri 13 Surabaya 3) Kontribusi bimbingan baca tulis al-Qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP negeri 13 Surabaya
Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 13 Surabaya ini menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif, dengan tujuan agar ditemukan data-data yang nyata sesuai dengan kondisi yang ada. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan terakhir dengan verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Aspek persiapan, bimbingan baca tulis al-Qur’an di SMP Negeri 13 Surabaya telah dilaksanakan dengan cukup baik, hal ini dapat diketahui dengan adanya tahap perencanaan dan pengorganisasian, yang diprogramkan dalam Raker, walaupun jujur terdapat hal-hal yang perlu diperbaiki. 2) Dalam pelaksanaan bimbingan baca tulis al-Qur’an terdapat faktor pendukung berupa adanya dukungan dari kepala sekolah, para guru yang berupa pemberian motivasi, sarana prasarana yang memadai dan dukungan komite dan orang tua siswa. Selain itu terdapat juga faktor penghambat kegiatan berupa kurangnya motivasi intrisik siswa untuk mengikuti kegiatan, terbukti masih bermotifkan absen. 3) Adanya bimbingan baca tulis al-Qur’an di SMP Negeri 13 Surabaya dapat mendukung dan memberi kontribusi dalam pelajaran pendidikan Agama Islam khususnya aspek al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sariono, SarionoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Bimbingan Baca; Menulis; Membaca; Prestasi Belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2016 06:52
Last Modified: 21 May 2016 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6303

Actions (login required)

View Item View Item