Pengaruh media pembelajaran prezi terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Manba’ul Hikam Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Muhammad Fajar (2023) Pengaruh media pembelajaran prezi terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Manba’ul Hikam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fajar Maulana_D01218035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendapatkan informasi atau data terkait : 1) Pemanfaatan media pembelajaran “Prezi” pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI IPS 2 di Madrasah Aliyah Manba’ul Hikam Sidoarjo. 2) Hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak peserta didik kelas XI IPS 2 di Madrasah Aliyah Manba’ul Hikam Sidoarjo. 3) Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran “Prezi” untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak peserta didik kelas XI IPS 2 di Madrasah Aliyah Manba’ul Hikam Sidoarjo. Merupakan penelitian skripsi, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen sedangkan untuk desain yang digunakan yaitu One Group Pre-test-Post-test yang bertujuan untuk mendapatkan data terkait hasil belajar peserta didik dengan pemanfaatan media pemebelajaran Prezi. Purposive sampling merupakan teknik pengambilan data yang dugunakan dalam penelitian ini yakni dengan cara mengambil sampel atas suatu pertimbangan tertentu dari peneliti pada suatu populasi. Adapun jumlah sampel yang diambil yaitu 37 peserta didik dari keseluruhan populasi 127 peserta didik. Kemudian pada teknik pengambilan data peneliti menggunakan teknik tes, angket, wawancara serta dokumentasi. Adapun untuk analisis data dihitung dan di uji menggunakan uji statistik deskriptif dan uji parametrik. Hasil dalam penelitian ini dinyatakan bahwa : 1) Pemanfaatan media pembelajaran Prezi pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI IPS 2 di Madrasah Aliyah Manba’ul Hikam Sidoarjo memperoleh hasil yang dibagi menjadi lima kategori yaitu kategori sangat tidak baik ( kurang dari 20%), kurang baik (21%-40%), cukup (41%-60%), baik (61%-80%), dan sangat baik (81%-100%) dimana pada tahap ini berhasil mendapatkan prosentase 85,51% 2) Hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak peserta didik kelas XI IPS 2 di Madrasah Aliyah Manba’ul Hikam Sidoarjo terdapat peningkatan pada saat sesudah menggunakan media pembelajaran Prezi daripada pada saat sebelum menggunakan Prezi dengan perolehan nilai rata-rata (mean) yang semula yaitu 62,77 meningkat menjadi 85,95. 3) Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran “Prezi” terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak peserta didik kelas XI IPS 2 di Madrasah Aliyah Manba’ul Hikam Sidoarjo, dibuktikan dengan hasil analisis Uji Paired Sample T-Test dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,00. Nilai tersebut berarti < 0,05 dari taraf signifikansi, sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwasanya hipotesis kerja (Ha) diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Muhammad Fajarfajarmm01@gmail.comD01218035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas’ud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Akhlak
Media Sosial
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media pembelajaran prezi; hasil belajar; akidah akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fajar Maulana
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:51
Last Modified: 20 Jun 2023 03:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63037

Actions (login required)

View Item View Item