Rancang bangun instrumen non optik Istiwa'uzzaman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adji, Bayu Krisna (2023) Rancang bangun instrumen non optik Istiwa'uzzaman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bayu Krisna Adji_C06219006.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan Ilmu Falak dimulai dengan beberapa pengamatan terhadap benda langit yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu. Sehingga dari pengamatan tersebut menghasilkan sebuah instrumen-instrumen. Pada penelitian ini, peneliti akan melakukan kajian dengan membuat sebuah instrumen non-optik yang diberi nama Istiwa’uzzaman. Istiwa’uzzaman tersebut diharapkan dapat mengakomodir segala fungsi yang dibutuhkan, seperti dapat digunakan untuk penentu bujur ekliptika matahari, deklinasi matahari, equation of time, penentuan titik koordinat dan jam matahari. Peneliti dalam menyusun skripsi menggunakan metode r e s e a r c h a n d development berdasarkan sembilan tahapan utama. Kemudian dalam mengumpulkan data peneliti melakukan dokumentasi berupa pengumpulan informasi yang didapatkan, serta dilakukan observasi untuk mengetahui tingkat akurasi instrumen Istiwa’uzzaman. Sedangkan sumber data yang diperoleh peneliti diantara lain, melalui buku, kitab, dan jurnal yang berhubungan dengan instrumen dan algoritma perhitungan yang akan digunakan. Hasil penelitian ini adalah: pertama, instrumen Istiwa’uzzaman dibuat berdasarkan sembilan tahapan, mulai dari pengumpulan data dan informasi, pembuatan desain produk, uji penggunaan produk, perbaikan produk, hingga produk final. Kedua, dilakukan uji coba penggunaan terhadap setiap fungsi yang dimiliki oleh instrumen Istiwa’uzzaman, baik dalam penentuan titik koordinat bumi, bujur ekliptika matahari, deklinasi matahari, equation of time, dan jam matahari. Ketiga, dilakukan uji evaluasi produk dan proses unuk mengetahui bahwa proses pembuatan produk sejalan dengan metode yang digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adji, Bayu Krisnabkrisna592@gmail.comC06219006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorQulub, Siti Tatmainultatmainulqulub@uinsby.ac.id2029128901
Subjects: Astronomi
Hak Cipta
Falak
Keywords: Instrumen; istiwa'uzzaman; produk
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Bayu Krisna Adji
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:22
Last Modified: 03 Jul 2023 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63099

Actions (login required)

View Item View Item