تطوير وسيلة تعليم اللغة العربية باستخدام ارتيكوليت ستوري لاين لترقية المهارات العربية لطلاب الفصل الثاني بمدرسة مفتاح العلوم الثانوية الإسلامية بروبولينجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Toyibah, Wardah (2023) تطوير وسيلة تعليم اللغة العربية باستخدام ارتيكوليت ستوري لاين لترقية المهارات العربية لطلاب الفصل الثاني بمدرسة مفتاح العلوم الثانوية الإسلامية بروبولينجو. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wardah Toyibah_02040920037.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui media pembelajaran bahasa Arab di sekolah SMAI Miftahul Ulum Probolinggo, 2) Mengetahui pengembangan media pembelajaran bahasa Arab menggunakan Articulate Story Line untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab bagi Siswa Kelas XI di Sekolah SMAI Miftahul Ulum Probolinggo, 3) Mengetahui efektifitas penerapan media pembelajaran bahasa Arab yang dikembangkan menggunakan Articulate Story Line untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab bagi Siswa Kelas XI di Sekolah SMAI Miftahul Ulum Probolinggo. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI di SMAI Miftah Ulum Probolinggo, dan sampel penelitiannya ialah siswa kelas XI di Jurusan IPA. Peneliti menggunakan 4 alat penelitian untuk mengumpulkan data, yaitu observasi, wawancara, angket dan tes. Analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, peneliti menggunakan “Skala Likert” untuk mengetahui hasil kuesioner dan Paired Sample T-test (SPSS 20) untuk mengetahui hasil pre-test dan post-test. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Sekolah telah menyediakan media seperti 15 laptop, LCD Proyektor. Akan tetapi, guru bahasa Arab hanya menggunakan media papan tulis dan buku paket, yang mana buku paket tersebut hanya terbatas yang dapat dipinjam oleh siswa. 2) Media pembelajaran divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, hasil penilaian dari ahli media yaitu 90% dan 94%, dan hasil penilaian dari ahli materi yaitu 88%. Adapun dari respon siswa mendapatkan nilai 89%. Semua nilai termasuk dalam kategori “sangat baik”. 3) Hasil pretest mendapatkan 48,6% dan hasil posttest mendapatkan 86,1%. Dan nilai sig (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka kesimpulannya, bahwa media pembelajaran bahasa Arab menggunakan Articulate Story line untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab bagi siswa kelas XI di sekolah SMAI Miftahul Ulum Probolinggo ialah efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Toyibah, Wardahwardahtoyibah@gmail.com02040920037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorTaufiq, Mirwan Akhmadmirwan_at@yahoo.com2014038501
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Media pembelajaran; pembelajaran bahasa Arab; articulate storyLine
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Wardah Toyibah
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:00
Last Modified: 03 Jul 2023 08:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63103

Actions (login required)

View Item View Item