Mitos kecantikan dalam religi menurut Naomi Wolf: perspektif Hermeneutika Hans-Georg Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maharani, Layinatu Aolia (2023) Mitos kecantikan dalam religi menurut Naomi Wolf: perspektif Hermeneutika Hans-Georg Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Layinatu Aolia Maharani_E91219081.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mitos kecantikan dalam religi menurut pemikiran Naomi Wolf. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan hermeneutika Hans-Georg Gadamer karena penelitian ini menjelaskan tentang makna dari buku The Beauty Myth dengan meleburkan pengetahuan peneliti dengan pengetahuan teks. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni dari data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari buku karya Naomi Wolf yang berjudul The Beauty Myth sedangkan data sekunder diambil dari buku, jurnal, dan sumber lainnya. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan berupa pendekatan dari hermeneutika oleh Hans-Georg Gadamer dengan empat tahapan yakni pertama teori effective-history (sejarah pengaruh); kedua, teori pra pemahaman; ketiga, fusion of horizons (peleburan antar horizon); dan yang ke empat adalah teori penerapan atau aplikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mitos kecantikan dalam religi menurut Naomi Wolf merupakan sebuah keyakinan yang oleh perempuan dijadikan sebagai tuhan. Dimana kecantikan dianggap mampu membantu perempuan dalam bermasyarakat. Ritus kecantikan menjadikan perempuan takut terhadap tubuh yang tidak ideal. Sehingga pada saat ini aksi body positive yang disuarakan oleh feminis saat ini sangat penting.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maharani, Layinatu Aolialayinatumaharani12@gmail.comE91219081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Filsafat
Gender
Kosmetika
Keywords: Mitos kecantikan; religi; Naomi Wolf; Hans-Georg Gadamer; hermeneutika Hans-Georg Gadamer
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Layinatu Aolia Maharani
Date Deposited: 04 Jul 2023 01:42
Last Modified: 07 Jul 2023 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63116

Actions (login required)

View Item View Item