Penggunaan media flasfcard untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan naratif pada siswa kelas IV MI Roudlotul Banat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Nurul (2023) Penggunaan media flasfcard untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan naratif pada siswa kelas IV MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Laili_D07219025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya keterampilan menulis yang dikuasai peserta didik pada kelas IV MI Roudlotul Banat Sidoarjo menjadi latar belakang permasalahan dalam penelitian ini. Berdasarkan data wawancara yang diperoleh setelah melakukan tanya jawab dengan guru kelas, menyatakan bahwa media yang digunakan pada kegiatan belajar mengajar dikelas selama ini kurang memotivasi sehingga menjadikan peserta didik mudah bosan dan tidak memperhatikan pelajaran langsung dikelas saat dilakukan kegiatan menulis, sehingga peneliti melakukan perbaikan melalui penggunaan media flashcard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penggunaan media flashcard dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan naratif pada siswa kelas IV MI Roudlotul Banat Sidoarjo. 2) peningkatan keterampilan menulis karangan naratif setelah penggunaan media flashcard pada siswa kelas IV MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh model Kurt Lewin yang dilaksanakan dengan dua siklus. Dalam setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik Pengumpulan data menggunakan penilaian produk, observasi, wawancara, dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, pedoman wawancara, penilaian produk keterampilan menulis, dan rubrik penilaian keterampilan menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan media flashcard dilakukan dengan optimal, ditunjukkan dengan adanya hasil observasi guru pada siklus I sebesar 70,83 (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 89,58 (sangat baik). Hasil observasi peserta didik sebesar 70,83 (cukup), meningkat sebesar 87,50 (baik). 2) Peningkatan keterampilan menulis peserta didik pada pra siklus memperoleh 30,76% (sangat kurang). Siklus I memperoleh ketuntasan 53,84% (kurang) dan siklus II memperoleh ketuntasan 80,76% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Nurullailinurul446@gamil.comD07219025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Media flasfcard; keterampilan menulis; karangan naratif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Laili
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:44
Last Modified: 04 Jul 2023 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63153

Actions (login required)

View Item View Item