Pengaruh penggunaan media pembelajaran big book terhadap kemmapuan menulis cerita pendek kelas III MI Ma'arif Pagerwojo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramesti, Anggun Cahyaning (2023) Pengaruh penggunaan media pembelajaran big book terhadap kemmapuan menulis cerita pendek kelas III MI Ma'arif Pagerwojo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggun Cahyaning Pramesti_D07219004.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis cerita pendek bahasa Indonesia siswa kelas III di MI Ma’arif Pagerwojo Sidoarjo yang masih dikategoriken sangat rendah dikarenakan dominannya keterampilan mendengar dan membaca. Selain itu, kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia didominasi dengan metode ceramah yang dilakukan oleh guru dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui kemampuan menulis cerita pendek siswa sebelum menggunakan media big book. Kedua untuk mengetahui kemampuan menulis cerita pendek siswa sesudah menggunakan media big book. Ketiga untuk mengetahui pengaruh media big book terhadap kemampuan menuliss cerita pendek siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen, dan desain one group pretest-posttest, yakni dengan membandingkan nilai pretest (sebelum diberikan perlakuan) dan nilai posttest (sesudah diberikan perlakuan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas III MI Ma’arif Pagerwojo Sidoarjo sebelum diberikan perlakuan diperoleh nilai rata-rata 43,64. Nilai dibawah KKM diperoleh 15 siswa dan nilai diatas KKM diperoleh 1 siswa. 2) Kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas III MI Ma’arif Pagerwojo Sidoarjo sesudah diberikan perlakuan diperoleh nilai rata-rata 74,04. Nilai dibawah KKM diperoleh 7 siswa dan nilai diatas KKM diperoleh 19 siswa. 3) Pengaruh media pembelajaran big book terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa, diperoleh hasil nilai signifikansi pretest 43,64 > 0,05 dan nilai signikansi posttest 74,05 > 0,05, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolah dan Ha diterima. Hasil perhitungan Uji-T digunakan rumus SPSS Paired Sample T-Test, diperoleh hasil sig. 0,000 < 0,05 yang juga berarti H0 ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramesti, Anggun Cahyaninganggunpramesti7219004@gmail.comD07219004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturevifatimatur@uinsby.ac.id2027127301
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Bahasa Indonesia
Menulis
Keywords: Media pembelajaran; big book; kemampuan menulis cerita pendek
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anggun Pramesti
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:43
Last Modified: 06 Jul 2023 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63216

Actions (login required)

View Item View Item