Kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMPN 5 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aa'yuni, Qurrota (2023) Kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMPN 5 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qurrota Aa'yuni_D91219144.pdf

Download (3MB)

Abstract

Secara teknis, pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak mungkin lepas dari teacher centered dengan menggunakan metode ceramah agar siswa memperoleh dasar pemahaman agama yang benar. Namun disisi lain, kurikulum merdeka mengutamakan kebebasan siswa dalam berpikir, mengekplorasi pengetahuan dari mana saja serta pembelajaran yang mengikuti kebutuhan peserta didik’ (student centered). Perubahan ‘kurikulum tentu mempengaruhi ‘kompetensi ‘pedagogik dan kompetensi ‘profesional guru agar mampu memodelkan dan menerapkan proses pembelajaran yang mendidik dan menyenangkan. Sebab, pembelajaran yang monoton merupakan hambatan bagi siswa untuk menunjukkan kompetensinya. Tujuan ‘penelitian ini adalah untuk ‘mengetahui: (1) Implementasi ‘kurikulum merdeka di SMPN 5 Sidoarjo, (2) Kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMPN 5 Sidoarjo, (3) Upayaa sekolah untuk meningkatkan ‘kompetensi guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMPN 5 Sidoarjo. Metode penelitian yang ‘digunakan peneliti adalah ‘kualitatif yang digabungkan dengan pendekatan deskriptif. Data digali ‘peneliti melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data ‘dianalisis’ melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan ‘penarikan simpulan. Untuk menguji validitas data, peneliti menerapkan ‘triangulasi teknik. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) Implementasi ‘kurikulum merdeka di SMPN 5 Sidoarjo terlaksana dengan baik meskipun masih berlangsung selama satu semester. Ditunjukkan dengan terlaksananya dua tema pprojek penguatan profil pelajar pancasila dan perangkat ajar yang telah relevan dengan Kurikulum Merdeka (2) ‘Kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Sidoarjo cukup baik dalam mengelola pembelajaran di dalam kelas dengan mempertimbangkan aspek pemahaman siswa, desain dan ‘pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, evaluasii hasil belajar siswa, serta pengembangan peserta didik. Sementara itu, dalam menjalankan tugas keprofesiannya yang berkaitan dengan penguasaan subtansi materi, penguasaan mengelola ppembelajaran, dan pemanfaatan teknologi untuk pengembangan kompetensi sudah baik. Meskipun begitu, terdapat hal-hal yang perlu ditingkatkan, seperti pengawasan dan tindakan guru dalam kegiatan diskusi siswa, perhatian guru terhadap kesulitan belajar peserta didik secara personal, pengembangan peserta didik yang memiliki potensi, serta penelitian yang ada kaitannya dengan problematika di dalam kelas sebagai refleksi pembelajaran. (3) Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, sekolah memberikan pelatihan kepada guru. Pelatihan disesuaikan dengan sistem pendidikan yang berlangsung saat ini, yakni kkurikulum merdeka. Kepala sekolah juga menindaklanjuti supervisi kegiatan pelatihan guru di luar sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aa'yuni, Qurrotad91219144@student.uinsby.ac.idD91219144
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@gmail.com2006076701
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsby.ac.id2106087701
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Kompetensi guru; implementasi kurikulum merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Qurrota Aa'yuni
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:38
Last Modified: 12 Jul 2023 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63293

Actions (login required)

View Item View Item