Framing moderasi beragama dalam ceramah quraish shihab di kanal youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taufiqurrohmah, Putri (2022) Framing moderasi beragama dalam ceramah quraish shihab di kanal youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Ardelia Taufiqurrohmah_B91218129 OK.pdf

Download (940kB)
[img] Text
Putri Ardelia Taufiqurrohmah_B91218129 Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam skripsi yang berjudul Framing Moderasi Beragama Quraish Shihab pada Kanal Youtube, ini penulis akan memfokuskan penelitian pada kasus moderasi beragama yang berlatar belakang pada Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, serta sifat media yang membangun jejaring, tidak memihak, dan interaktif, bahkan sering kali dapat dimanipulasi dapat memengaruhi perilaku sosial, termasuk perilaku beragama. Hal ini disebabkan kurang terkendalinya penyaringan untuk menyeleksi antara informasi benar dan berita salah, karena ketertarikan mayoritas masyarakat saat ini cukup melalui judul yang menarik, bahkan provokatif dan heboh. Maka dari itu, perlu adanya sebuah tindakan dan solusi yang nyata terhadap permasalahan yang ada di era perkembangan teknologi saat ini. Berdasarkan masalah diatas timbul pertanyaan bagaimana moderasi beragama di era perkembangan teknologi saat ini ? Maka dilakukan penelitian pada kanal youtube mengenai framing moderasi beragama oleh Quraish Shihab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis Framing Robert N. Entman untuk melakukan penelitian ini, dengan menggunakan empat konsep pokok yakni define problem, diagnose causes, make moral judgement, dan treatment recommendation. Ditemukan bahwa konsep moderasi beragama dalam pandangan Quraish Shihab adalah menuju menjadi yang terbaik yakni sabiqun bil khairat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taufiqurrohmah, Putriardeliaputrii14@gmail.comB91218129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsa.ac.id197308212005011004
Subjects: Komunikasi Islam > Komunikasi
Media Massa
Keywords: F r a m i n g ; Moderasi Beragama.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: putri taufiqurrohmah
Date Deposited: 12 Dec 2023 01:27
Last Modified: 12 Dec 2023 01:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63444

Actions (login required)

View Item View Item