Pemanfaatan tanaman serai untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Dusun Tlebung Desa Mojodadi Kecamatan Kedungpring Kabupaten lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alimah, Putri Nur (2023) Pemanfaatan tanaman serai untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Dusun Tlebung Desa Mojodadi Kecamatan Kedungpring Kabupaten lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Nur Alimah_B92219122.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penelitian pendampingan pada pemanfaatan tanaman serai untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Dsn. Tlebung Desa Mojodadi yang mana mereka memiliki aset local berupa tanaman serai yang berlimpah, kemudian dari aset tersebut diolah menjadi minuman herbal, goals utama pada pendampingan ini yaitu memanfaatkan tanaman herbal disekitar tempat tingal, kemudian meningkatkan skill dan kembalinya masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam serta meningkatkan kesehatan sebagai bentuk hasil dari memanfaatkan tanaman herbal tersebut. Pendekatan pendampingan yang digunakan pada penelitian ini yaitu Asset Based Community Development atau biasa disebut dengan pendekatan ABCD yang mana pendakatan ini berfokus pada pemanfaatan aset atau kekuatan yang dimiliki oleh masyarakat, dalam melakukan suatu perubahan untuk mewujudkan keinginan yang telah diimpikan. Melalui kegiatan menyadarkan masyarakat bahwa mereka memiliki aset dan skill untuk mengolah tanaman herbal kemudian melakukan kegiatan sosialisasi atau mengajak masyarakat untuk kembali mengonsumsi minuman herbal, kemudian membuat pelatihan pengolahan minuman herbal, hingga masyarakat mulai kembali menanam berbagai jenis tanaman herbal di pekarangan rumah mereka, dan masyarakat mulai mengonsumsi minuman herbal untuk kesehatan tubuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alimah, Putri Nurputrina.1806@gmail.comB92219122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, M. Munir--2017035901
Subjects: Bahan Obat
Kesehatan
Kesehatan

Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; tanaman serai; kesehatan; masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Putri Nur Alimah
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:21
Last Modified: 20 Jul 2023 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63577

Actions (login required)

View Item View Item