Pengaruh penggunaan media pembelajaran Scrapbook terhadap hasil belajar Matematika materi Bangun Datar siswa Kelas IV MI Bustanul Ulum Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Isna Nurul (2023) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Scrapbook terhadap hasil belajar Matematika materi Bangun Datar siswa Kelas IV MI Bustanul Ulum Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isna Nurul Azizah_D97219086 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika materi bangun datar (keliling dan luas persegi, persegi panjang dan segitiga) pada siswa kelas IV MI Bustanul ulum Mojokerto. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan media dalam menyampaikan materi sehingga siswa merasa jenuh dan kurang bersemangat dalam proses pembelajaran dikelas terutama pada pembelajaran matematika. Dengan demikian perlu adanya perbaikan pembelajaran yang dapat merubah hasil belajar matematika materi bangun datar (keliling dan luas persegi, persegi panjang dan segitiga) menjadi lebih baik. Penggunaan media pembelajaran scrapbook diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Tujuan pada penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui hasil belajar Matematika pada materi pokok Bangun Datar sebelum dan sesudah diberi media pembelajaran scrapbook siswa kelas IV MI Bustanul Ulum Mojokerto. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran scrapbook terhadap hasil belajar Matematika materi Bangun Datar pada siswa kelas IV MI Bustanul Ulum Mojokerto. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis metode penelitian yakni eksperimen dengan desain one group pre-test-post-test desain. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV MI Bustanul Ulum Mojokerto yang dimana menggunakan kelas IV sebagai kelas Eksperimen tanpa kelas kontrol. Instrument yang digunakan yaitu berupa tes berbentuk pilihan ganda. Sebelum diberikan perlakuan (treatment) tiga kali, dilakukan tes awal (pre-test), kemudian diberikan tes akhir (post-test) setelah diberikan perlakuan (treatment). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test sebesar 48,15 sedangakan rata-rata nilai post-test sebesar 78,19. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh yaitu Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau sig. < 0,05 sehingga media pembelajaran scrapbook berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar (keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga) siswa kelas IV MI Bustanul Ulum Mojokerto. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha dIterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Isna Nurulisnanurul1212@gmail.comD97219086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Media Scrapbook; hasil belajar Matematika; Bangun Datar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Isna Nurul Azizah
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:22
Last Modified: 21 Jul 2023 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63639

Actions (login required)

View Item View Item