Pemodelan genangan banjir untuk mitigasi bencana di Sungai Buntung, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maro, A. Fadhil L. Daeng (2023) Pemodelan genangan banjir untuk mitigasi bencana di Sungai Buntung, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
A. Fadhil L. Daeng Maro_H95219036.pdf

Download (7MB)

Abstract

DAS Buntung merupakan salah satu sungai yang sering mengalami banjir di Kabupaten Sidoarjo saat hujan deras. Daerah yang sering terdampak akibat luapan DAS buntung adalah Kecamatan Waru. Luapan DAS Buntung disebabkan oleh kapasitas sungai yang tidak dapat menampung debit sungai. Salah satu teknik dalam upaya mitigasi dan pengendalian benjir akibat luapan DAS Buntung adalah dengan melakukan pemodelan genangan banjir. Pemodelan genangan banjir akibat luapan DAS Buntung dilakukan dengan menggunakan software HEC-RAS. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas DAS Buntung dalam menampung debit dengan periode ulang 5, 10, dan 25 tahun, untuk memprediksi lokasi genangan banjir dengan periode ulang 5, 10, dan 25 tahun di Kecamatan Waru, dan untuk memberikan rekomendasi mitigasi bencana berdasarkan hasil pemodelan. Pemodelan genangan banjir diawali dari perhitungan debit rencana dengan periode ulang 5, 10, dan 25 tahun. Dengan bantuan software HEC-RAS selanjutnya debit banjir rencana akan dimodelkan dengan data geometrik sungai. Visualisasi hasil pemodelan dilakukan menggunakan software ArcGIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa debit banjir rencana dengan periode ulang 5, 10, dan 25 tahun di DAS Buntung Kecamatan Waru secara berturut turut adalah sebesar 16,948 m3/dt, 20,108 m3/dt, dan 24,099 m3/dt. Debit banjir rencana tersebut tidak dapat ditampung oleh DAS Buntung sehingga berdasarkan hasil pemodelan terjadi genangan pada 14 desa di kecamatan waru. Desa yang memiliki risiko terdampak genangan banjir terbesar adalah Desa Tambakrejo, diikuti dengan Desa Tambakoso. Desa yang memiliki risiko terdampak genangan banjir terkecil dengan periode ulang 5, 10, dan 25 tahun adalah Desa Waru. Rekomendasi upaya mitigasi yang dapat dilakukan berdasarkan hasil pemodelan adalah dilakukan normalisasi DAS Duntung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maro, A. Fadhil L. Daengazama823@gmail.comH95219036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorOktorina, Saritasarita@uinsby.ac.id2005108701
Thesis advisorUtama, Teguh Tarunautama.teguh87@uinsby.ac.id2002058704
Subjects: Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Teknik Sipil
Keywords: Pemodelan genangan banjir; DAS Buntung
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: A. Fadhil L. Daeng Maro
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:09
Last Modified: 24 Jul 2023 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63679

Actions (login required)

View Item View Item