Konsep ilmu perspektif Kitab Siraj Al-Thalibin karya Syaikh Ihsan Jampes Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Moh. Anas Ainul (2023) Konsep ilmu perspektif Kitab Siraj Al-Thalibin karya Syaikh Ihsan Jampes Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Anas Ainul Hakim_D91219127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Diskursus mengenai ilmu dalam Islam merupakan prasyarat yang pertama dalam mendapatkan kebahagiaan, baik itu di dunia mapun di akhirat. Dalam Islam, ilmu mempunyai kedudukan yang sangat strategis, banyak ayat al-Qur`an maupun hadist yang menegaskan keharusan umat Islam dalam menguasai ilmu. Oleh karena itu, maka konsep ilmu menjadi sesuatu yang penting untuk diketahui dan dipelajari. Kekeliruan dalam memahami konsep ilmu memberikan dampak pada pengkerdilan makna Islam itu sendiri. Hal ini dapat diketahui dari kemunduran Islam yang terjadi secara beruntun sejak beberapa abad kebelakang ini yang disebabkan oleh kerancuan ilmu dan lemahnya penguasaan umat terhadap ilmu. Penelitian ini berjenis kualiatatif library research dengan menggunakan fenomologi dan model penelitian studi naskah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik content analysis melalui tahap interpretasi, deduksi, induksi konsep ilmu perspektif kitab Siraj al-Tholibin, dan mencari hubungan dengan melakukan komparasi dengan beberapa refrensi terkait konsep ilmu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya: (1) Ilmu menurut Syaikh Ihsan Jampes adalah jalan menuju terhadap hakikat serta merupkan jalan untuk mencapai kebahagiaan baik diunia maupun di akhirat. (2)Tiga hal yang harus diketahui oleh seorang hamba dalam menutut ilmu yakni posisi ilmu, hubungan ilmu dengan amal serta urgensi dan hikmah ilmu. Dari segi karakter dan asal-usul ilmu terbagi mencadi dua : 1) ilmu dzohir yaitu ilmu dzohir adalah Ilmu Syar`I, adapun yang berkaitan dengan kewajiban tersebut yaitu: a. ilmu syari`at fardhu ain yang meliputi tentang ilmu terkait syahadat, ilmu terkait keyakikan dan ilmu terkait hukum Islam. b. ilmu syari`at fardhu kifayah sebagai alat untuk membantu bagi seorang hamba dalam memahami ilmu syari`at fadhu ain. Diantara ilmu fardhu kifayah tersebut, ialah: ilmu ushu, ilmu furu`, dan ilmu alat. 2) Ilmu bathin terbagi menjadi dua a. Ilmu mu`amalah b. Ilmu Mukasyafah dapat diartikan bahwa esensi dari sebuah ilmu ialah bagaimana seorang hamba dalam menyelesaikan persoalan-persolan yang ada dalam urusan dunia maupun urusan akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Moh. Anas Ainulanasfauzy2101@gmail.comD91219127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Pemikiran
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Konsep ilmu; Siraj al-Tholibin; Syaikh Ihsan Jampes
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hakim Moh. Anas Ainul
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:09
Last Modified: 24 Jul 2023 06:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63681

Actions (login required)

View Item View Item