Implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran akidah akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laila, Tsalasati Nur Adha (2023) Implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran akidah akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsalasati Nur Adha Laila_D01219048.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Perencanaan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Surabaya. (2) Untuk mengetahui Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Surabaya. (3) Untuk mengetahui Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Surabaya. Penelitian skripsi ini menggunakan Jenis penelitian lapangan (field research), Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah deskriptif kualitatif yakni penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala atas fenomena yang terjadi, dimana peneliti berusaha memotret fenomena yang menjadi pusat perhatian yang selanjutnya digambarkan sebagaimana adanya dalam bentuk deskripsi untuk memberikan suatu gambaran jelas. Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan deskriptif berusaha mencoba untuk memahami fakta secara sistematis, faktual, dan benar berdasarkan fakta-fakta yang ada. Pengumpulan data penelitian skripsi ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran sudah sesuai dengan Kurikulum Operasional Madrasah yang berisi CP, TP, ATP, dan Modul Ajar. (2) pelaksananaan kurikulum merdeka sudah berjalan dengan lancar tapi masih belum 100% dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana. (3) evaluasi kurikulum dilakukan pada awal dan akhir pembelajaran dan penilaian siswa dilakukan secara sumatif dan formatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laila, Tsalasati Nur Adhad01219048@student.uinsby.ac.icD01219048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorManan, Abdulabdulmanan1970@gmail.com0710067001
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Kurikulum
Keywords: Perencanaan; penerapan; evaluasi; kurikulum merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email d01219048@student.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:05
Last Modified: 25 Jul 2023 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63724

Actions (login required)

View Item View Item