فعالية استخدام نموذج التعلم التعاونى المتكامل للقراءة والكتابة بوسيلة بامبوزل (Baamboozle) لترقية مهارة القراءة والكتابة لتلاميذ الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٣ سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yun, Qurrata (2023) فعالية استخدام نموذج التعلم التعاونى المتكامل للقراءة والكتابة بوسيلة بامبوزل (Baamboozle) لترقية مهارة القراءة والكتابة لتلاميذ الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٣ سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qurrata A'yun_D02219021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran CIRC adalah model pembelajaran khusus untuk mata pelajaran bahasa untuk keterampilan membaca dan menulis dengan menemukan ide pokok atau tema bacaan serta menulis kalimat dengan susunan gramatikal yang benar secara berkelompok. Media Baamboozle adalah media berbasis teknologi (web) yang merupakan game interaktif dimana siswa secara berkelompok menjawab soal sesuai dengan materi yang telah disampaikan guru sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media Baamboozle untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas 7E MTsN 3 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan tipe quasi experimental. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 7 MTsN 3 Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7E MTsN 3 Sidoarjo sebanyak 28 orang. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Non Parametrik Wilcoxon. Adapun hasil penelitian adalah adanya keefektifan penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media Baamboozle untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada nilai pretest dan posttest siswa. Data pada penelitian ini tidak berdistribusi normal karena nilai signifikansi < 0,05. Peneliti menggunakan uji Wilcoxon dengan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media Baamboozle efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas 7 MTsN 3 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yun, Qurrataqurrataay1@gmail.comD02219021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAliwafa, Aliwafaaliwafa@uinsby.ac.id202901602
Thesis advisorNu'man, Mohammadmohammadnuman@uinsby.ac.id2022026901
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model pembelajaran CIRC; baamboozle; keterampilan membaca dan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Qurrata A'yun
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:18
Last Modified: 27 Jul 2023 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63816

Actions (login required)

View Item View Item