العناصر الداخلية في رواية رحلة إلى الله لنجيب الكيلاني - Unsur-unsur intrinsik dalam Novel Rihlah Ila Allah karya Najib al Kailani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhriyah, Nur Ismi (2023) العناصر الداخلية في رواية رحلة إلى الله لنجيب الكيلاني - Unsur-unsur intrinsik dalam Novel Rihlah Ila Allah karya Najib al Kailani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Ismi Zuhriyah_A71219062 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Novel ini merupakan salah satu dari karya Najib al-Kailani yang menceritakan kehidupan sosial Mesir. Untuk memahami keseluruhan cerita, membutuhkan penelitian unsur intrinsik atau unsur yang membangun karya sastra dari dalam. Fokus permasalahan penelitian ini menggunakan teori Burhan Nurgiyantoro, sehingga penelitian ini bertujuan untuk membahas unsur intrinsik yang terdiri atas tema, tokoh, latar, alur, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat dalam novel Rihlah Ila Allah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini berupa unsur intrinsik yang terdapat dalam Novel Rihlah Ila Allah karya Najib al-Kailani. Novel ini mengusung tema terkait ketidakadilan yang terjadi di kehidupan sosial Mesir yang menimpa kelompok Ikhwanul Muslimin dan keluarga mereka. Dengan tokoh utama yang bernama Nabila Abdullah dan Athwa Al-Malwani. Sedangkan diantara tokoh pembantunya ialah Mahmud Shaqr, Rizq Ibrahim, Salwa Abdul karim as-Shofi, Abdullah, Zakiyah, Dokter Salim, Abdul Aziz as-Sisiy, dan lain sebagainya. Latar tempat di novel tersebut diantaranya Penjara Perang, Rumah Nabila, Klinik dokter Salim, Kuwait, Iskandariyah, dan lain-lain. Latar Waktu yang terjadi adalah Malam, Fajr (dini hari), Pagi, Siang, Sore, dan Abad ke 20. Sedangkan Latar Sosialnya yaitu kehidupan masyarakat yang sederhana, hedonisme para penguasa, kondisi menakutkan pada perang Palestina 1948 serta pada peristiwa Falojah yang mencekam. Novel ini menggunakan alur maju dan sudut pandang orang ketiga. Adapun gaya bahasa yang digunakan ialah kalam khobari, kalam insya’i talabi, tasybih, isti’arah, jinas, iqtibas, thibaq, dan Ijaz. Kemudian amanah yang terkandung dalam novel tersebut ialah sebaiknya kita tidak mendhalimi dan berbuat adil kepada sesama makhluk, tidak membedakan satu kelompok dengan yang lain, tidak sembarangan menuduh, selalu bersabar dan tabah dalam menghadapi ujian/cobaan, dan berbuat kebaikan dimanapun berada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhriyah, Nur Isminurismizuhriyah2410@gmail.comA71219062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Huseinhuseinaziz0301@gmail.com2003015601
Thesis advisorEfendi, Nasikul Mustofanasikul.mustofa@uinsby.ac.id132101811755
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Islam dan Humanisme
Keywords: Unsur intrinsik; novel; Najib al Kailani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nur Ismi Zuhriyah
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:00
Last Modified: 02 Aug 2023 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63936

Actions (login required)

View Item View Item