فعالية طريقة رسم الخرائط الذهنية بوسيلة التعليم مينماستير في تعليم قواعد النحوية لترقية مهَارة الكتابة لدى طلاب الفصل الثامن بمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 3 موجوكرطا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainirobbi, Chalia Fi (2023) فعالية طريقة رسم الخرائط الذهنية بوسيلة التعليم مينماستير في تعليم قواعد النحوية لترقية مهَارة الكتابة لدى طلاب الفصل الثامن بمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 3 موجوكرطا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chalia Fi Ainirobbi_D92217018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Metode merupakan unsur penting yang ada dalam sebuah proses pembelajaran. Kesesuaian metode terhadap materi berpengaruh banyak terhadap terselenggaranya proses pembelajaran yang ada. Dalam pembelajaran Bahasa Arab terdapat banyak metode yang ditujukan untuk masing-masing maharoh serta kecakapan yang lain. Masing-masing kecakapan dalam berbahasa Arab membutuhkan spesifikasi metode yang dapat diterapkan dan berguna untuk meningkatkan kecakapan tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di sini terkait dengan penggunaan metode mindmapping yang diaplikasikan ke dalam pembelajaran kaidah nahwu menggunakan aplikasi mindmaster yang menarik dan mudah penggunaannya. Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan berdasarkan data yang dikumpulkan serta penggunaan single random sampling maka diperoleh kesimpulan bahwa metode mindmapping yang digunakan oleh peneliti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilaan pembelajaran kaidah nahwu pada siswa tingkat tsanawiyah kelas 8. Peningkatan keberhasilan sebelum dan sesudah penggunaan metode mindmapping pada pembelajaran kaidah nahwu mencapai 10,6 pada rata-rata nilai siswa. Hal ini menjadikan penggunaan mindmapping dalam pembelajaran kaidah nahwu dapat efektif untuk diterapkan kedepannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainirobbi, Chalia Fichaliafiar10@gmail.comD92217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, Yunuselyunusy@uinsby.ac.id2015036501
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com2004115901
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Efektivitas; mindmapping; kaidah nahwu; maharoh kitabah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Chalia Fi Ainirobbi
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:29
Last Modified: 31 Oct 2023 04:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63940

Actions (login required)

View Item View Item