تطبيق طريقة التعليم القائم على اللعبة (Game Based Learning) بوسيلة worldwall.net لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٣ سيدووارجو - Penerapan metode Game Based Learning melalui media worldwall.net untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa Kelas VIII di MTsN 3 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhif, Muhammad Amron (2023) تطبيق طريقة التعليم القائم على اللعبة (Game Based Learning) بوسيلة worldwall.net لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٣ سيدووارجو - Penerapan metode Game Based Learning melalui media worldwall.net untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa Kelas VIII di MTsN 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Amron Nadhif_D02219019 ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

MTsN 3 Sidoarjo adalah salah satu madrasah yang memiliki system proses pembelajran yang baik. Akan tetapi, peneliti menemukan beberapa masalah terkait proses pembelajaran di mata pelajaran bahasa arab pada kelas VIII. Dalam proses pembelajaran bahasa arab, guru menggunakan metode dan media pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakter peserta didik, sehingga menimbulkan pembelajaran yang monoton dan tidak menarik. Selain itu, keterampilan menulis siswa kelas VIII masih terbilang cukup, karena fakta di lapangan, adanya kesalahan seperti membuat kalimat dan mengurutkan kata menjadi kalimat yang sempurna dalam bahasa arab. Maka penelitian ini membahasa tentang penerapan metode game based learning melalui media worldwall.net untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII di MTsN 3 Sidoarjo. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan beberapa instrument pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes (preetest dan posttest), serta dokumentasi dengan sampel penelitian berasal dari siswa kelas VIII E MTsN 3 Sidoarjo yang berjumlah 31 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah T hitung dan T table = 10,21 dan 2,04. Karena T hitung lebih besar dari T table maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada peningkatan keterampilan menulis siswa kelas VIII di MTsN 3 Sidoarjo setelah penerapan metode game based learning melalui media worldwall.net.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhif, Muhammad Amronamronnadhif@gmail.comD02219019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com2004115901
Thesis advisorJannah, Ida Miftakhulidamj@uinsby.ac.id2006088002
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode game Based Learning; media worldwall.net; keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Amron Nadhif
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:43
Last Modified: 02 Aug 2023 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63943

Actions (login required)

View Item View Item